Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Selain kue dan roti khas lebaran, lauk pauk yang lezat pasti sudah tergambar dengan jelas dalam angan-angan, lalu bagaimana dengan sayuran pendamping?

Menjelang hari lebaran, apa yang pertama kali terbersit di pikiran ENDEUSiast? Kehangatan suasana berkumpul bersama keluarga dan menyantap hidangan khas hari raya tentunya sudah menjadi hal wajib. Setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, akhirnya tiba saat bergembira untuk dinikmati bersama orang-orang terkasih.

Selain kue dan roti khas lebaran, lauk pauk yang lezat pasti sudah tergambar dengan jelas dalam angan-angan, lalu bagaimana dengan sayuran pendamping? Untuk menyeimbangkan asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, konsumsi sayur yang cukup dapat dijadikan pertimbangan. Ternyata hidangan Idul Fitri di berbagai daerah di Nusantara pun tak lengkap tanpa sayuran favorit berikut ini

1/ Sayur Labu

Kawan sejati lontong dan ketupat ini ibarat salah satu menu yang harus hadir di meja makan ketika Idul Fitri tiba. Bahan makanan yang mudah didapatkan ini juga ternyata fleksibel untuk diolah menjadi berbagai macam hidangan. Simak cara praktis membuat Sayur Lodeh Labu Kuning di sini.

2/ Jengkol

Siapa bilang memasak jengkol itu ribet? Simak tips supaya mengolah jengkol di rumah menjadi lebih mudah di sini . Menu makanan favorit masyarakat Betawi ini rupanya juga cocok disajikan di kala lebaran. ENDEUSiast dapat kreasikan bahan makanan ini dengan membuat Jengkol Balado . Tapi jangan lupa, terapkan cara ini supaya tubuh terbebas dari aroma tak sedap setelah menyantapnya ya.

3/ Kering kentang

Gurih dan renyahnya, apalagi rasanya yang pedas manis dan bikin kangen, menu satu ini tak boleh absen di hari kemenangan. Simak cara membuat Kering Kentang Balado bersama Endeus.tv

4/ Botok

Sajian yang terbuat dari ampas kelapa yang dimasak dengan balutan daun pisang ini akrab dengan masyarakat Jawa dan selalu menghiasi meja makan di kala Idul Fitri.

5/ Urap

Salad versi tradisional ini terdiri dari sayuran yang direbus kemudian ditaburi kelapa parut sehingga menimbulkan citarasa yang gurih. Lebaran tak akan lengkap tanpa sayuran yang satu ini.

6/ Buntil Isi Ikan teri

Apa jadinya jika ikan teri dibalut dengan daun singkong dan dimasak dengan bumbu khusus? Tentu akan menjadi santapan yang lezat. Buntil Isi Ikan Teri bisa menjadi sajian lebaran yang tidak kalah lezat dengan sajian lain. Buntil biasanya dibuat dari sayuran berdaun hijau. Lazimnya menggunakan daun singkong, namun ENDEUSiast juga bereksperimen dengan daun talas.

Menu sayuran tersebut tak kalah menggoda untuk dipadukan dengan ketupat ketika hari kemenangan tiba kan? Tentunya masih banyak lagi alternatif sayuran khas lebaran yang sudah terkenal kelezatannya secara turun-temurun yang bisa ENDEUSiast buat sendiri untuk dihidangkan di hari kemenangan nanti. Simak terus resep dan berbagai tips menarik di Endeus.tv, selamat bereksplorasi.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.