Bisa makan jengkol dengan tenang deh

"

Mau dibuat rendang, gulai, ataupun balado, hidangan berbahan dasar tanaman yang memiliki nama lain Ngapi nut ini memang sulit ditolak oleh para penggemar fanatiknya. Tapi ternyata banyak juga loh, penggemar jengkol yang tidak mau mengaku, karena enggan mendapat predikat bau mulut.

Aroma khas jengkol yang menetap di mulut, disebabkan oleh kandungan senyawa djengkolic acid atau asam jengkolat. Walaupun hanya bertahan sementara waktu, kerap saja hal ini bikin orang di sekitar risih. Apalagi jika ditambah harus berbagai kamar mandi.

Nah, agar kita bisa bebas menyantap jengkol tanpa membuat orang lain risih. Ini dia tipsnya!

1/ Makan daun mint

Menggosok gigi atau berkumur dengan mouthwash menjadi penyelamat yang paling awal dilakukan. Jika ingin lebih ampuh, mengunyah daun mint juga bisa dilakukan untuk memberikan efek segar seketika.

2/ Mengonsumsi buah dan sayuran berkadar air tinggi sebanyak-banyaknya

Terlalu banyak menyantap jengkol dapat berpotensi membuat kita sulit berkemih. Kadar air pada mentimun, belimbing, dan semangka tidak hanya membantu lancarnya pembuangan air seni, tapi juga berguna untuk ‘menyapu’ aroma yang tertinggal di mulut seusai menyantap jengkol.

3/ Mengunyah kopi bubuk

Kopi memiliki aroma kuat yang kadang berpengaruh di pembuangan air seni. Penggunaan minuman kopi juga diperbolehkan, walaupun tidak se-efektif dibandingkan mengunyah kopi bubuk.

4/ Memakan sejumput garam ataupun sesendok kecap

Walaupun terdengar sedikit aneh, memakan dua bahan tersebut diyakini dapat menetralisir aroma tidak sedap sehabis menyantap jengkol. Tips terakhir bahkan sempat dibagikan oleh Ridwan Kamil - Gubernur Jawa Barat. kepada para pengikutnya di akun instagram beberapa waktu lalu!

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.