Dibenci namun tetap dicari

"

Walaupun memiliki aroma khas yang kadang membuat orang risih, rasanya banyak di antara kita yang tidak tahan menolak jika bertemu olahan Jengkol. Cita rasanya yang dapat seketika menaikkan selera makan, terkadang memang membuat orang penasaran bagaimana cara menyajikan olahan jengkol yang legit.

Rupanya memasak jengkol agar enak dan legit, membutuhkan trik sangat mudah diaplikasikan. Sudah penasaran ingin membuat berbagai ragam olahan jengkol sendiri di rumah? Ini dia tipsnya!

1/ Pilih jengkol tua dengan warna cokelat gelap dan berbentuk bulat. Cita rasanya yang legit, cocok diolah dengan cara dimasak semur, gulai, ataupun rendang.

Berbeda dengan jengkol muda yang lebih cocok disajikan sebagai teman lalapan.

2/ Kupas jengkol hingga bersih, tanpa meninggalkan sedikitpun kulit ari. Jengkol yang kurang bersih saat dikupas, akan meninggalkan jejak pahit yang tentunya akan berpengaruh ke hasil akhir.

By Resep Jengkol Balado

3/ Rendam jengkol dalam air cucian beras minimal semalaman. Daun jambu biji dan daun salam juga bisa disertakan dalam proses perebusan, untuk mengurangi bau menyengat pada jengkol.

Jengkol yang sudah dimasak setengah matang, juga dapat disimpan dalam wadah tertutup di dalam lemari pendingin, untuk digunakan lain waktu dengan masa penyimpanan maksimum 1 bulan.

4/ Saat mengolah jengkol menjadi olahan masakan, gunakan bumbu dalam kuantitas lebih banyak daripada biasanya untuk mengimbangi aroma jengkol yang sudah kuat.

Memasak jengkol pun tidak perlu terlalu lama (hingga sampai jengkol empuk saat dipegang), namun pastikan dimasak di atas api kecil ya.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.