7 Manfaat Minum Susu untuk Menjaga Kesehatan Selepas Lebaran
7 Manfaat Minum Susu untuk Menjaga Kesehatan Selepas Lebaran

7 Manfaat Minum Susu untuk Menjaga Kesehatan Selepas Lebaran

Ternyata manfaat minum susu untuk menjaga kesehatan selepas Ramadhan sebanyak ini, lho. Sudah tahu, belum?

Lebaran sudah di depan mata, ini artinya ENDEUSiast harus berpisah dengan bulan Ramadhan. Selama 30 hari berpuasa, ENDEUSiast dilarang untuk mengonsumsi apa-apa selama 12 jam lebih.

Sehingga, perubahan pola makan juga mempengaruhi asupan gizi harian. Apalagi setelah berpuasa, ENDEUSiast disajikan dengan menu Lebaran yang serba santan, wah, kesehatan makin diuji.

Makanya tak heran usai puasa banyak yang mengalami kenaikan berat badan hingga kadar koleseterol yang melonjak gila-gilaan.

Selesai puasa, ENDEUSiast harus menjaga kesehatan tubuh. Salah satu caranya dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi.

Tak perlu susah-susah, cukup konsumsi susu selepas bulan Ramadhan saja bisa mengembalikan kesehatan ENDEUSiast.

Apa saja manfaat minum susu untuk menjaga kesehatan selepas Ramadhan? Berikut daftarnya!

1/ Membantu Mencegah Berat Badan Melonjak

Salah satu cara mencegah berat badan melonjak usai Ramadhan adalah mengonsumsi susu. Susu ternyata dapat merendahkan risiko obesitas.

Di dalam segelas susu terdapat komponen yang mencegah penambahan berat badan. Contohnya kandungan protein yang tinggi dapat membantu ENDEUSiast lebih kenyang untuk jangka panjang.

Kandungan asam linoleat di dalamnya juga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan lemak dan menghambat produksi lemak.

2/ Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di tengah pandemi ini, penting sekali untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat membuat kita tidak mudah terjangkit penyakit apalagi virus Covid-19.

Bukan rahasia lagi, segelas susu mengandung vitamin D, vitamin A dan seng.

Kandungan nutrisi ini membantu mengatur sistem kekebalan tubuh sehingga dapat meningkatkan pertahanan tubuh secara alami. Imun tubuh yang baik ini membantu menahan tubuh dari serangan penyakit.

3/ Membantu Pembentukan Otot

Salah satu makanan yang tinggi protein adalah susu. Di dalam segelas susu terdapat protein yang berkualitas tinggi seperti asam amino esensial.

Segelas susu murni ini menyumbang energi yang dapat membantu pembentukkan otot. Tak hanya itu, di daam susu juga mengandung banyak leusin atau cabai asam amino yang berperan dalam pertumbuhan otot.

Selain pembentukan otot, susu juga membantu mempertahankan massa otot. Konsumsi susu juga baik dilakukan sebelum maupun sesudah berolahraga.

Sebelum berolahraga bertujuan memberikan energi untuk membentuk otot sedangkan dikonsumsi usai olahraga membantu mengembalikan energi.

4/ Menjaga Kesehatan Tulang

Selama bulan Ramadhan terkadang lupa untuk memenuhi kebutuhan gizi. Apalagi tanpa disadari waktu makan jadi lebih sempit dibandingkan hari-hari biasanya.

Gizi yang sering dilupakan adalah kalsium. Salah satu makanan yang mengandung tinggi kalsium adalah susu.

Kalsium ini berfungsi untuk menjaga tulang, gigi, sinyal saraf dan gerakan otot. Bahkan, ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi kalsium untuk mencegah patah tulang dan osteoporosis.

Selain kaya akan kalsium, susu juga mengandung vitamin D yang berperan penting untuk kesehatan tulang.

Jadi, untuk mengembalikan kalsium yang berkurang selama bulan Ramadhan kita bisa gantikan dengan rajin mengonsumsi segelas susu di pagi dan malam hari.

5/Menjaga Kesehatan Mata

Tahukah ENDEUSiast, susu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, lho! Segelas susu ternyata mengandung aneka vitamin seperti vitamin D dan juga vitamin A.

Vitamin A dalam susu dapat menjaga kesehatan kornea mata. Sedangkan vitamin A, susu juga mengandung zat besi. Zat besi ini berfungsi membawa vitamin A dari hati ke mata.

6/ Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menyambut Lebaran, kita merayakannya dengan menyantap menu makanan yang serba santan. Meskipun enak, menu serba santan ini sarat kolesterol yang dapat memicu penyakit jantung.

Untuk menurunkan risiko penyakit jantung, ENDEUSiast bisa mengonsumsi susu. Susu ini mengandung kalium yang melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Supaya kesehatan jantung semakin terjaga, sebaiknya dukung dengan mengurangi konsumsi natrium di dalam garam.

Sambil mengonsumsi susu dengan diet garam, tekanan darah bisa menurun dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

7/ Memperbaiki Kualitas Tidur

Tak bisa dipungkiri, selama Ramadhan kualitas tidur justru diuji. Biasanya waktu tidur 7 jam lebih harus terpotong untuk menyiapkan sahur hingga makan sahur.

Kini waktu tidur dipotong untuk sahur dan setelah sahur pun tidak boleh langsung tidur.

Selepas Ramadhan, ENDEUSiast pun harus mengembalikan pola tidur untuk memperbaiki kualitas tidur. Salah satu cara memperbaiki kualitas tidur adalah dengan meminum susu hangat sebelum tidur.

Susu mengandung kolin yang bermanfaat mendukung proses tidur. Apalagi susu yang hangat memberikan efek relaksasi sehingga lebih mudah tidur.

Itulah manfaat susu dalam menjaga kesehatan selepas Ramadhan. Efeknya bisa langsung dirasakan apabila mengonsumsi susunya dilakukan secara rutin dan sesuai porsinya.

Namun, tidak semua bisa mengonsumsi susu karena intolerasi laktosa atau tak bisa menerima kandungan laktosa dalam susu.

Tenang, sekarang sudah ada susu tanpa laktosa yang aman dikonsumsi. yakni Milk Life Lactose Free . Susu ini bebas laktosa penyebab intoleransi dan sakit pencernaan.

Milk Life Lactose Free juga rendah kalori, bebas gula, dan tinggi protein. Kini ENDEUSiast bisa mengonsumsi susu tanpa perlu khawatir lagi, deh. Yuk, selalu jaga kesehatan kita!

(AH)

Dina Syahrani Vionetta