Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Berjemur di bawah matahari banyak dipilih untuk menambah imunitas agar terhindar dari Corona. Tapi bagaimana kalau matahari tak nampak alias mendung?

Bukan hanya vitamin C yang baik untuk tubuh guna meningkatkan imunitas agar terhindar dari virus Corona yang sedang merebak belakangan ini. Vitamin D juga baik untuk meningkatkan imunitas badan kita.

Berjemur di bawah sinar matahari memang baik untuk kesehatan badan. Karena mengandung vitamin D yang bisa menambah imunitas tubuh. Di media sosial pun banyak yang “mencari” matahari di sekitar jam 10 pagi karena dinilai pas untuk tubuh.

Tapi sayangnya belakangan ini (di Jakarta khususnya) di jam tersebut cuaca sedang mendung sehingga kita nggak bisa mendapatkan sinar matahari untuk tubuh. Meski begitu bukan berarti kita nggak bisa mendapatkan vitamin D. Karena masih bisa didapat dengan mengonsumsi makanan berikut ini.

1. Salmon

Pasti ikan yang satu ini udah nggak asing buat Endeusiast semua kan? Ikan yang mengandung banyak nutrisi ini semasa hidupnya selalu bermigrasi dari air tawar ke laut dan kembali lagi ke air tawar untuk reproduksi.

Ikan yang juga dijuluki si raja ikan ini memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk imunitas tubuh kita. Salmon dengan berat 100g mampu memenuhi sebanyak 66 persen kebutuhan vitamin D seseorang.

Jumlahnya bervariasi tentunya tergantung dari jenis ikan yang juga memiliki kandungan omega 3 yang baik ini. Ikan salmon terbaik adalah ikan salmon yang ditangkap dari alam bebas atau salmon liar dibandingkan dengan ikan salmon yang diternak.

2. Jamur

Sebuah tanaman yang memiliki kandungan D terbaik adalah jamur. Ia mendapatkan vitamin D karena terpapar sinar matahari.

Karena ini dari tanaman, yang dihasilkan oleh jamur adalah vitamin D2 berbeda dari hewan yang menghasilkan vitamin D3. Vitamin D2 mampu meningkatkan kadar vitamin D meski pun tidak sebaik vitamin D3.

3. Kuning telur

Sebenarnya semua kandungan pada telur baik untuk tubuh. Putih telur mengandung protein, sedangkan kuning telur mengandung vitamin, lemak, dan mineral. Satu butir kuning telur bisa memenuhi sekitar 5 persen kebutuhan vitamin D seseorang.

Kandungan pada telur juga tergantung pada vitamin D pakan yang dikonsumsi juga seberapa sering ayam terkena sinar matahari.

4. Susu dan produk turunannya

Susu juga bisa dipilih sebagai salah satu sumber vitamin D untuk badan kita. Bukan hanya susu, produk turunannya pun juga bisa dijadikan pilihan; keju, yoghurt dan lainnya.

Selain vitamin D, produk-produk tersebut juga memiliki kandungan nutrisi yang juga bermanfaat untuk tubuh kita.

5. Tuna kalengan

Ikan tuna yang dijual dalam kalengan juga baik dalam memenuhi kebutuhan vitamin D kita. Tapi nggak sembarang tuna kalengan yang bisa dipilih, pilihlah tuna kaleng yang nggak mengandung merkuri.

100g tuna kaleng memiliki 236 IU vitamin D. Selain baik untuk tubuh, makanan kaleng juga dinilai awet untuk disimpan guna dikonsumsi dalam beberapa hari ke depan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya