7 Cara Menurunkan Kolesterol Sehabis Lebaran, Patut Kamu Ketahui!
7 Cara Menurunkan Kolesterol Sehabis Lebaran, Patut Kamu Ketahui!

7 Cara Menurunkan Kolesterol Sehabis Lebaran, Patut Kamu Ketahui!

Supaya kolesterol tidak tinggi, inilah cara menurunkan kolesterol sehabis menyantap hidangan Lebaran.

Lebaran sudah di depan mata, semua pun menyambut dengan gembira. Di hari Lebaran, hidangan yang disajikan juga berbeda dari hidangan biasanya.

Menu seperti ketupat, opor ayam, sayur godog, rendang, semur dan sambal goreng tersaji di meja makan merayakan usainya puasa di bulan Ramadhan.

Meskipun rasanya enak, hidangan Lebaran ini justru mengandung tinggi kolesterol yang berbahaya untuk tubuh.

Kalau leher sudah mulai pegal dan kepala sudah pusing, tandanya kadar kolesterol sudah mulai naik. Untuk menghindari kadar kolesterol yang meningkat pesat, yuk, intip cara menurunkan kolesterol sehabis menyantap hidangan Lebaran berikut ini.

Baca Juga: 4 Alternatif Hidangan Pasca Lebaran Sehat yang Bisa Kamu Coba di Rumah

1/ Jaga Porsi Makan dan Perhatikan Kalorinya

Setelah berpuasa selama 30 bulan dan menemukan rangkaian menu Lebaran yang enak dan hanya disajikan setahun sekali tentu rasanya ingin terus mengisi ulang piring kita.

Jangan hanya puaskan nafsu makan saja! Terus-terusan memikirkan nafsu makan, bisa-bisa kolesterol langsung melonjak. Supaya kadar kolesterol terjaga, perhatikan porsi makan Anda.

Tak hanya menghindari kolesterol meningkat, menjaga porsi makan ini juga menghindari berat badan naik gila-gilaan.

Jaga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh agar sesuai kebutuhan. Untuk orang dewasa dengan aktivitas yang normal dan sehat, rata-rata membutuhkan 2000 kalori per harinya. Jangan sampai melewatkan batas kalori yang disarankan, ya!

Baca Juga: 10 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Sakit Tenggorokan

2/Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Cara menurunkan kolesterol yang alami dan efektif adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayuran usai menikmati makanan yang tinggi kolesterol.

Buah dan sayuran mengandung banyak serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Ada beberapa sayuran dan buah yang dikatakan ampuh menurunkan kolesterol. Sayuran hijau seperti bayam, arugula, kangkung dan selada ini mengandung antioksidan.

Antioksidan ini dapat mengikat asam empendu yang terbuat dari kolesterol sehingga mencegah menumpuknya kolesterol dalam darah.

Sedangkan buah-buahan yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol seperti pisang, pir, beri-berian dan buah yang tinggi vitamin C seperti jeruk dan lemon.

Buah yang mengandung vitamin C ini dapat menurunkan kolesterol dan trigliserida darah hingga 20, 1 mg/dL. Buahnya bisa langsung dikonsumsi atau diperas dan dicampur dengan air hangat.

Baca Juga: 8 Tips Membersihkan Dapur yang Berminyak Pasca Masak Besar

3/ Imbangi dengan Mengonsumsi Lemak Tak Jenuh

Cara menurunkan kolesterol sehabis menyantap hidangan Lebaran selanjutnya adalah mengimbangi asupan lemak dengan mengonsumsi lemak tak jenuh.

Lemak jenuh yang terkandung pada menu Lebaran ini terbukti dapat meningkatkan kadar kolesterol sedangkan makanan yang mengandung lemak tak jenuh justru dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Tak perlu jauh-jauh, makanan yang mengandung lemak tak jenuh bisa didapat dari alpukat, ikan salmon, minyak zaitun dan kacang-kacangan. Supaya aman, olah makanan lemak tak jenuhnya dengan cara dikukus atau dipanggang jangan digoreng dengan minyak lagi, ya.

4/ Makan Makanan yang Kaya Kandungan omega-3

Selain serat, makanan yang diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol juga trigliserida dalam darah adalah makanan yang kaya akan kandungan omega-3.

Kandungan asam lemak omega-3 ini mengandung kolesterol baik yang menjaga kesehatan jantung.

Makanan yang tinggi omega-3 adalah kacang-kacangan, ikan salmon, kedelai, minyak zaitun dan gandum.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan omega-3 Anda dapat menurunkan kolesterol hingga 50%!

Baca Juga: 6 Inspirasi Keripik Manis yang Cocok Disajikan Saat Lebaran

5/ Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Tak hanya memangkas kolesterol, makanan tinggi serat juga mengandung bakteri baik yang menjaga kesehatan pencernaan.

Makanan tinggi serat yang bisa dikonsumsi antara lain sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan juga buah-buahan.

Tak hanya menurunkan kolesterol, mengonsumsi makanan berserat tinggi juga membantu Anda terhindar dari masalah sembelit usai mengonsumsi menu Lebaran.

Baca Juga: 10 Menu Hantaran yang Cocok untuk Lebaran, Sederhana tapi Berkesan!

6/Mulai Rutin Berolahraga

Menjaga pola makan seimbang memang harus dilakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Tetapi menjaga pola makan saja tidak cukup, Anda juga harus mulai aktif bergerak dan rutin berolahrgaga.

Setidaknya lakukan olahraga selama 30 menit sebanyak lima kali per minggu dan pada hari-hari biasa harus lebih aktif bergerak.

Dengan rutin berolahraga dan lebih aktif bergerak membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat di dalam darah.

Olahraga yang dilakukan bisa disesuaikan dengan kondisi tubuh. Bahkan olahraga ringan seperti yoga dan jalan pagi bisa membantu menurunkan kolesterol asal dilakukan secara rutin.

Baca Juga: 8 Tips Mengemas Menu Hantaran agar Lebih Awet dan Tak Mudah Rusak

7/ Minum Susu Bernutrisi Tinggi

Jangan hindari susu, apalagi jika karena merasa tubuh tidak mampu menolerirnya. Anda bisa meminum susu tanpa laktosa yang aman di perut.

Apalagi, susu mengandung segudang vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Bisa perangi kolesterol!

Salah satu alternatif susu yang bisa kamu coba adalah Milk Life Lactose Free . Susu ini tentunya bebas kadar laktosa, rendah kalori dan gula, serta tinggi protein. Tubuh makin sehat dan kuat!

Cara menurunkan kolesterol sehabis menyantap hidangan Lebaran ini bisa langsung dilakukan tanpa menunggu munculnya gejala-gejala kolesterol naik seperti pusing dan leher pegal. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Bumbu Dapur Serbaguna untuk Distok Menuju Lebaran

Dina Syahrani Vionetta