10 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Sakit Tenggorokan
10 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Sakit Tenggorokan

10 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Sakit Tenggorokan

Agar cepat sembuh, inilah daftar makanan yang cocok dikonsumsi saat sakit tenggorokan

Daftar makanan yang cocok dikonsumsi saat sakit tenggorokan sangat diperlukan untuk menjaga tubuh agar tetap mendapatkan nutrisi yang seimbang dan cepat sembuh.

Sakit tenggorokan bisa terjadi oleh siapapun. Penyebab paling umum sakit tenggorokan adalah karena adanya infeksi virus, seperti pilek atau flu.

Selain itu, kondisi lingkungan, pemilihan makanan dan minumnan juga bisa menjadi pemicu terjadinya sakit tenggorokan. Gejala umum yang paling bisa dirasakan adalah terasa sakit saat berbicara.

Makan dan menelan akan terasa sangat menyakitkan ketika kita mengalami sakit tenggorokan.

Meskipun begitu tubuh harus tetap mendapatkan asupan makanan yang bergizi demi mempercepat proses pemulihan.

Namun, pemilihan makanannya pun tidak bisa sembarangan. Demi mempercepat pemulihan sakit tenggorokan, Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat.

Untuk itu ketahuilah 10 pilihan makanan yang cocok dikonsumsi saat sakit tenggorokan yang mudah ditelan dan dapat menurunkan peradangan.

1/ Sup Ayam Hangat

Sakit tenggorokan bisa terjadi karena adanya peradangan dan dehidrasi. Hal ini kerap terjadi karena tidak ada asupan cairan selama seharian.

Maka dari itu disarankan untuk mengonsumsi sup ayam. Cairan seperti kaldu pada sup ayam dipercaya mampu untuk mengembalikan cairan yang hilang.

Dalam menu sajian hangat ini mengandung zat nutrisi yang bersifat anti-inflamasi.

Jenis nutrisi ini memiliki peranan penting untuk membantu mengurangi berkembangnya virus dan luka dalam tenggorokan.

Selain itu, kandungan garam pada sup ayam juga mampu mengikat cairan yang ada di dalam tubuh.

Tetapi Anda harus tetap memperhatikan takaran penggunaan garam, jangan terlalu asin. Dengan menyantap semangkuk sup hangat dapat membantu mengurangi gejala sakit tenggorokan.

2/ Bubur Ayam dan Sayuran

Anda pasti tau bahwa bubur banyak disajikan untuk orang yang sedang sakit. Teksturnya yang lembut memudahkan penderita sakit tenggorokan untuk menelannya.

Selain itu, bubur juga bisa menjadi sumber energi yang mampu membuat tubuh tetap fit.

Anda bisa membuatnya dengan resep bubur ayam dan sayuran menyehatkan ini.

Campuran daging ayam dan sayuran pada sajian bubur ini akan sangat melezatkan.

Makanlah selagi hangat, tetapi jangan terlalu panas karena dapat memperparah iritasi pada tenggorokan.

3/ Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang terbuat dari gandum.

Terdapat kandungan antioksidan dan magnesium pada gandum yang memiliki manfaat untuk membantu mengurangi peradangan, dan mendukung kekebalan tubuh dan penyembuhan.

Terlebih, oatmeal kayak akan serat dan bahan lainnya sehingga dapat menghilangkan racun di tubuh.

Tekstur lembut pada semangkuk oatmeal mampu untuk mengurangi iritiasi pada tenggorokan.

Anda bisa menambahkan madu secukupnya untuk mendapatkan manfaat kesehatan secara maksimal.

4/ Mashed Potato

Mashed potato atau dikenal dengan istilah kentang tumbuk ini memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat cocok dijadikan sebagai makanan bagi Anda yang sedang mengalami sakit tenggorokan.

Anda tidak perlu repot mengupas kulitnya, langsung saja kukus kentang bersama kulit dan dagingnya, setelah matang barulah ditumbuk.

Kulit kentang memiliki kandungan zat antioksidan, magnesium dan vitamin C yang dapat membantu proses pemulihan.

Kentang memang mengandung gula, tetapi bila Anda mengonsumsinya dalam porsi wajar maka tidak akan menjadi masalah.

Anda bisa menyajikan mashed potato untuk makan siang atau malam.

5/ Wedang Ronde

Minuman ini memang sudah banyak dikenal oleh Masyarakat Indonesia karena memiliki manfaat yang dapat menghangatkan tubuh dan tenggorokan.

Kuah dari wedang ronde ini terbuat dari bahan alami yaitu jahe sehingga dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan melancarkan sirkulasi darah.

Untuk rondenya sendiri terbuat dari bahan utama tepung ketan yang dibentuk menjadi bulat warna-warni. Teksturnya yang lembut dan kenyal akan memudahkan untuk ditelan.

6/ Yoghurt

Tekstur yoghurt yang kental dan lembut memang sangat cocok dikonsumsi saat sakit tenggorokan sekaligus memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Di dalam yoghurt juga terkandung banyak sumber protein, karbohidrat dan lemak sehat serta bakteri probiotik yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

7/ Jahe dan Kunyit

Bumbu rempah-rempah ini tidak hanya digunakan untuk masakan, tetapi juga banyak diolah menjadi sajian yang menyehatkan seperti minuman jamu atau camilan.

Jahe memiliki kandungan zat antiperadangan yang dapat mengobati nyeri dan pembengkakan pada tenggorokan.

Sedangkan kunyit memiliki sifat antiseptik dan peradangan yang sama-sama bermanfaat untuk meredakan sakit nyeri pada tenggorokan.

Anda bisa menyeduh campuran jahe dan kunyit dengan air hangat sebagai campuran jamu. Minumlah sampai sakit tenggorokan berkurang.

8/ Madu

Ketika sakit tenggorokan memang harus menghindari makanan atau minuman yang mengandung gula.

Namun, disarankan untuk mengonsumsi sajian yang manis sebagai pengganti energi yang hilang.

Maka, solusinya adalah dengan memilih madu sebagai pemanis alami yang efektif untuk menyembuhkan luka pada tenggorokan dan melawan penyebaran infeksi virus.

Mengonsumsi segelas air madu dapat membantu Anda untuk bisa pulih lebih cepat.

Tetapi batasi konsumsinya dengan tak lebih dari satu sendok makan per hari.

9/ Pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang cocok dikonsumsi saat sakit tenggorokan. Teksturnya yang lembut membuat Anda lebih mudah ketika menelannya.

Pisang juga memiliki kandungan gizi seperti vitamin C dan antioksidan yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak memperparah kondisi sakit tenggorokan Anda.

Pisang bisa disantap secara langsung atau dicampur dengan semangkuk oat hangat. .

10/ Telur Orak Arik

Telur memiliki sumber protein yang bagus untuk memperbaiki jaringan pada tubuh.

Kandungan mineral seperti seng, zat besi, selenium dan vitamin D, B12 ini mampu membantu mencegah infeksi buruk yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Selain itu, telur orak-arik juga dilengkapi dengan asam lemak omega-6 dan protein yang membantu melawan peradangan pada tenggorokan.

Disarankan mengolah telur dengan cara diorak-arik untuk membuatnya lebih lembut sehingga mudah ditelan. Sajikan pada saat berbuka atau sahur dengan nasi hangat.

Selain dengan mengonsumsi makanan yang sehat, Anda juga harus mengingat hal-hal apa saja untuk tidak memperburuk kondisi peradangan pada tenggorokan Anda, di antaranya :

- Hindari makan-makanan yang digoreng. Gorengan panas memang sangat nikmat. Tetapi kenikmatan ini justru akan memperparah kondisi radangmu. Pada makanan berminyak terdapat kandungan acrolein yang memicu rasa gatal dan dapat memperparah kondisi radang tenggorokan.

- Disarankan tidur yang cukup pada malam hari untuk bisa mengembalikan sistem imunitas tubuh.

- Jangan lupa mengonsumsi Vitamin C baik dari buah-buahan atau suplemen yang bisa Anda beli di apotek. Vitamin C dapat membantu Anda untuk melawan virus dan menjaga ketahanan fisik.

Dina Syahrani Vionetta