6 Inspirasi Keripik Manis yang Cocok Disajikan Saat Lebaran
6 Inspirasi Keripik Manis yang Cocok Disajikan Saat Lebaran

6 Inspirasi Keripik Manis yang Cocok Disajikan Saat Lebaran

Tidak hanya kue kering, ada juga inspirasi keripik manis yang cocok disajikan saat lebaran

Lebaran menjadi momen yang paling dinantikan karena ada banyak makanan dan camilan yang bisa kita makan.

Bersantai bersama keluarga akan terasa menyenangkan bila ada camilannya.

Ada banyak camilan yang bisa Anda pilih. Dari sekian banyak jenis camilan, keripik masih menjadi terfavorit.

Bahkan ada banyak inspirasi keripik manis yang cocok disajikan saat lebaran.

Keripik telah menjadi camilan yang cocok disajikan pada setiap momen, terutama lebaran.

Aneka rasa seperti manis, gurih pedas juga menjadi pilihan semua kalangan baik muda hingga orang dewasa.

Dari keripik tradisional hingga kekinian juga bisa Anda sajikan untuk lebaran nanti.

Bila Anda dan keluarga suka dengan camilan yang manis, berikut di bawah ini ada beberapa daftar aneka keripik manis yang bisa Anda sajikan saat lebaran nanti.

1/ Kembang Goyang

Kembang goyang merupakan salah satu jenis keripik tradisional yang hingga kini masih banyak penggemarnya.

Ada 2 pilihan rasa dari keripik ini yaitu asin gurih dan manis gurih sehingga bisa dinikmati oleh siapapun dan kapanpun.

Bagi Anda yang suka dengan camilan manis, maka bisa memilih kembang goyang yang manis dengan ciri khas warnanya yang cenderung pucat, teksturnya garing dan renyah ketika dimakan.

Keripik manis ini berasal dari Betawi dan banyak dijadikan sebagai sajian ketika lebaran.

Mungkin Anda agak heran kenapa dinamai dengan kembang goyang.

Ternyata nama keripik ini diambil berdasarkan cara memasaknya. Bahan yang dibutukan untuk membuat kembang goyang terdiri dari tepung sagu, telur, wijen, gula pasir dan santan.

Semua bahan dicampur dan diaduk rata lalu dicetak dengan menggunakan cetakan bunga.

Pada proses memasaknya, cetakan kembang goyang akan dicelupkan ke dalam minyak panas lalu dicelupkan ke dalam adonan lalu dicelupkan lagi ke minyak sambil digoyang-goyangkan agar adonan terlepas.

Cetakannya yang berbentuk kembang dan cara memasaknya yang digoyang-goyangkan inilah yang menjadi asal terciptanya nama keripik goyang.

2/ Akar Kelapa

Jika Anda memiliki keluarga di Bekasi, tidak ada salahnya menyajikan keripik akar kelapa sebagai sajian camilan manis saat lebaran.

Di daerah lain keripik ini disebut dengan kue kecipir. Keripik akar kelapa memiliki bentuk yang panjang dan bergerigi, sehingga persis dengan akar pohon kelapa.

Itulah kenapa makanan ini disebut dengan keripik akar kelapa. Nah, Anda tidak perlu membelinya, lebih baik membuat sendiri di rumah agar terkesan lebih spesial.

Bahan yang digunakan untuk membuat keripik akar kelapa terdiri dari tepung ketan, tepung beras, margarin, telur, garam dan vanilla essens.

Pertama-tama kocok telur terlebih dahulu baru masukkan semua bahannya menjadi satu lalu hingga tercampur rata.

Tambahkan santan segar sedikit demi sedikit, aduk hingga rata hingga adonan bisa dicetak.

Siapkan minyak panas lalu masukkan adonan ke dalam cetakan keripik akar kelapa.

Adonan yang telah dicetak langsung dimasukkan ke dalam minyak panas dan goreng hingga warnanya menjadi kecoklatan dan matang.

3/ Biji Ketapang

Betawi memang memiliki aneka camilan yang enak dan cocok disajikan saat lebaran, salah satunya adalah biji Ketapang.

Bagi orang Betawi rasanya kurang lengkap bila tidak ada sajian biji Ketapang ketika lebaran.

Dinamai biji Ketapang karena memang bentuknya yang mirip dengan biji pada buah Ketapang yang berbentuk bulat, teksurnya keras dan ujungnya runcing.

Namun, untuk pembuatan keripik ini tentunya tidak menggunakan biji kepatang asli. Bahan utamanya berupa tepung, gula pasir, kelapa parut, santan telur, susu dan margarin.

Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu adonan lalu dimasak dengan cara digoreng.

Kue yang dibuat dengan cara digoreng ini terasa gurih dan manis karena adanya paduan antara kelapa parut dan gula pasir.

4/ Kuping Gajah

Nama keripik yang satu ini sepertinya terinsipirasi dari bentuk kuping hewan gajah. Jika dilihat-lihat memang tampilan dari keripik kuping gajah berbentuk bulat pipih dengan cekungan di bagian tengah.

Keunikan dari keripik ini adalah adanya hiasan garis melingkar warna cokelat dan putih. Teksturnya sangat renyah dengan perpaduan rasa manis dan gurih.

Jika Anda ingin menyajikan keripik kuping gajah untuk lebaran nanti, Anda perlu menyiapkan bahan-bahannya seperti tepung terigu, telur, gula bubuk, cokelat bubuk atau cokelat pasta, mentega, garam dan air.

Pertama-tama kocok telur hingga berbuih. Tambahkan tepung terigu dan semua bahan yang telah disiapkan tadi.

Aduk semua bahan hingga tercampur merata dan adonan sudah bisa dipulung. Untuk menghasilkan perpaduan motif melingkar berwarna coklat dan putih, Anda harus membagi adonan menjadi 2 wadah, yang satu untuk adonan cokelat bubuk atau cokelat pasta, yang satu lagi biarkan adonannya tetap putih.

Gilas kedua adonan di atas talenan yang diberi alas plastik. Tumpuk adonan cokelat di atas adonan putih lalu gulung hingga bentuknya padat dan rapih.

Diamkan sebentar hingga adonan menjadi keras, lalu iris tipis secara melintang. Barulah bisa digoreng dengan minyak panas.

5/ Semprong

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan keripik yang satu ini. teskturnya yang garing dan renyah, menjadikan keripik semprong disukai oleh banyak orang.

Bentuknya unik seperti tabung panjang berwarna coklat keemasan. Ketika memakannya, Anda akan mencium aroma harum yang sangat menggoda.

Camilan yang memiliki rasa manis, gurih dan renyah membuat banyak orang suka sehingga kerap dijadikan sebagai oleh-oleh ketika sedang berlibur ke Jakarta.

Anda juga bisa menyajikan semprong sendiri di rumah untuk lebaran nanti dengan mengikuti resep kue semprong ini.

6/ Sale Pisang

Siapa sih yang tidak suka rasa manis dan gurih dari keripik sale pisang. Apalagi ditambah dengan aroma khas pisang yang harum.

Sangat cocok disajikan saat lebaran bersama keluarga sembari minum teh atau kopi hangat.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis pisang cocok diolah menjadi keripik sale pisang.

Anda bisa memilih jenis pisang tanduk, kapas atau pisang raja nangka bila ingin membuat camilan manis sale pisang ini.

Ciri khas dari pisang-pisang tersebut memiliki kulit berwarna hijau meski sudah matang dan juga buahnya besar dan tebal.

Daging buahnya sendiri bewarna kuning kemerahan dengan rasanya yang manis sedikit masam dan aromanya yang harum.

Sale pisang diolah dengan cara mengiris tipis pisang yang sudah dibuang kulitnya.

Tetapi tidak bisa langsung diolah melainkan harus dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Setelah itu barulah pisang bisa digoreng matang.

Tujuan dari penjemuran tersebut adalah untuk mengurangi kadar air buah pisang sehingga pisang sale bisa lebih tahan lama.

Keripik sale pisang yang berkualitas bisa terlihat dari rasa, aroma, warna, kekenyalan, dan daya simpannya.

Sale pisang yang memiliki rasa manis dengan sedikit sensasi masam dan tekstur renyah ini membuktikan bahwa bahan yang digunakan berasal dari buah pisang yang masak.

Nah, itulah inspirasi keripik manis yang cocok disajikan saat lebaran. Semuanya bisa Anda buat sendiri di rumah sehingga menghemat budget.

Jangan ragu untuk menyajikan sajian lebaran yang istimewa ini untuk keluarga Anda. selamat mencoba!

Dina Syahrani Vionetta