Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ikan memang banyak tersebar di Indonesia, begitu pula cara mengolahnya. Berikut ini adalah masakan serba ikan dengan olahan khas Indonesia. Simak yuk!

Indonesia sebagai negara maritim, memiliki sumber daya laut yang amat banyak, salah satunya ialah ikan. Ikan di Indonesia memiliki banyak jenis dan sebagian besar dapat dikonsumsi. Pada tahun 2018 saja, tercatat ada sekitar 178 ton hasil ikan yang diambil dari laut Indonesia. Ini juga menjadikan negara ini memiliki ragam resep dan cara untuk mengolah ikan. Beberapa diantaranya bisa anda coba. Kira-kira apa saja ya?

1/ Pepes

Sudah tidak asing lagi bila ikan diolah dengan pepes . Dipepes maksudnya ialah ikan dikukus dengan bumbu dan sayuran yang dibungkus dengan daun pisang. Di ujung-ujung daun, untuk menyegelnya, ditusukkan lidi kecil. Hampir semua ikan bisa dipepes, misalnya nila, kakap dan tongkol.

2/ Buntil

Tidak banyak yang mengenal masakan tradisional Jawa ini karena sudah jarang dibuat. Buntil merupakan metode memasak dengan membuntil (membungkus) ikan dengan parutan daging kelapa dan bumbu, lalu ia dimasukkan dalam daun pepaya yang diikat menggunakan bilah bambu yang hanya helaian. Masakan ini menghasilkan rasa gurih dan pahit secara bersamaan.

3/ Gulai

Ciri khas gulai adalah bumbu rempah yang kaya dan kuah kuning yang menggoda selera. Gulai yang paling terkenal adalah gulai asli Minangkabau. Ini karena gulai Minangkabau bisa dijangkau hampir di seluruh Indonesia di rumah makan padang. Ia juga sering disebut kari ala Indonesia. Untuk gulai ikan, bagian yang paling sering diolah adalah kepala, terutama kepala ikan besar seperti Kakap dan Tuna.

4/ Goreng Sambal

Cara mengolah yang satu ini memang paling mudah. Ikan dibumbui dan digoreng matang, lalu tinggal membuat sambal. Sambal memang khas Indonesia. Meskipun cabai bisa dicapai di mana-mana, namun Indonesia merupakan jagoan pembuat pelengkap ini. Untuk variasi sambal, tentu tergantung selera perorangan. Namun, jika masih bimbang, sambal mangga khas sunda bisa dijadikan inspirasi.

5/ Diasinkan

Untuk proses yang satu ini memang membutuhkan waktu lama. Ikan asin biasanya jarang dibuat perorangan, melainkan produksi massal sebuah usaha. Tentu mencarinya tidak perlu sampai ke daerah pesisir. Kini ikan asin bisa muda ditemukan di swalayan atau pasar. Meskipun awet, namun ikan asin membutuhkan perawatan juga supaya tidak busuk.

6/ Diolah Menjadi Acar

Untuk bahan acar , biasanya olahan membutuhkan wortel, timun, dan bawang sebagai bahan dasar. Jenis ikan apapun bila dimasak acar akan terasa enak. Ini karena bumbu acar yang kecut, segar, dan manis memang cocok untuk segala ikan. Namun, tentu yang paling terkenal adalah nila, terutama bila diolah menjadi acar kuning.

Nah, ini adalah beberapa diantaranya dan tentunya semua memiliki cita rasa khas yang berbeda. Apakah ENDEUSiast tertarik mencobanya?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.