Ikan asin juga perlu disimpan dengan cara yang bener agar bisa awet hingga berbulan-bulan bahkan satu tahun.

Ikan asin merupakan makanan yang bukan hanya murah, tapi juga enak banget. Makanya nggak heran kalo orang-orang suka banget menyantap makanan yang satu ini. Apalagi kalo udah dipasangkan dengan nasi panas plus sayur asem. Dijamin gak akan ada yang kuat menolaknya.

Bagi beberapa orang bahkan memiliki sajian khusus dengan ikan asin sebagai bahannya. Yang kalo dimakan tanpa adanya ikan asin, seakan ada yang kurang. Makanya banyak yang menjadikan kuliner ini sebagai makanan favoritnya.

Udah gitu, karena harganya yang cukup murah membuat banyak masyarakat yang menyimpannya di rumah. Tapi ada cara yang bisa dipilih agar menyimpan ikan asin lebih awet. Mari kita simak bagaimana cara menyimpannya.

Menyimpan ikan asin bisa dilakukan dalam dua cara; di suhu ruangan dan di dalam freezer. Untuk yang di suhu ruangan pastikan nggak menyimpannya di dalam wadah plastik. Karena wadah plastik suhunya lebih panas, sehingga bisa membuat ikan sedikit panas dan garamnya menjadi cair.

Hal ini juga bisa membuat ikan asin menjadi lembab. Akibatnya bakteri dan kuman bisa menempel pada ikan. Untuk menghindari hal tersebut ikan asin bisa disimpan dalam wadah kedap udara. Karena suhunya bisa lebih dingin dari wadah plastik. Seperti misalnya toples kaca yang memiliki suhu lebih dingin dibandingkan dengan wadah plastik.

Selain itu ikan asin juga bisa dibungkus dengan kertas roti. Karena akan terjadi penguapan udara, sedangkan kertas roti bisa menyerap kelembaban dalam ikan. Sehingga ikan asin bisa tetap kering. Baru dimasukkan ke dalam wadah kedap udara.

Tapi ada cara lain untuk menyimpan ikan asin, yaitu disimpan di dalam freezer. Dengan suhu dingin akan mencegah proses penguapan. Sehingga ikan lebih awet dan tahan lama.

Tapi jangan mentang-mentang harganya murah dan rasanya yang enak, kita jadi terus-terusan makan ikan asin. Karena kebanyakan makan ikan asin juga nggak baik untuk tubuh .

Nah, setelah tau cara menyimpannya, pastikan juga untuk selalu membersihkan ikan asin sebelum diolah. Cara membersihkannya cukup mudah, hanya dengan cuci dengan air mengalir selama beberapa saat.

Tujuannya selain untuk menghilangkan kotoran pada ikan, juga bisa membersihkan ikan dari garam-garam yang terlalu berlebihan. Sehingga ketika diolah rasa asinnya akan pas di mulut kita.

Pastikan juga ketika mengolahnya nggak menggunakan garam yang berlebih. Karena rasa asin yang udah ada pada ikan bisa memberikan rasa yang pas dengan olahan lainnya. Selamat mengolahnya ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.