Meski saat lebaran banyak makanan tersedia, ENDEUSiast juga bisa memilah-milah jenis makanan yang sehat.

Lebaran akan segera tiba, puasa Ramadan tinggal menghitung hari. Untuk sebagian orang, perasaan khawatir biasanya muncul karena jerih payah menurunkan berat badan dan menyeimbangkan asupan gizi selama berpuasa akan segera kembali seperti semula atau justru memperburuk pola makan.

Tentu saja, makanan yang dikonsumsi selama Idul Fitri yang jadi kambing hitamnya. Siapa yang dapat menahan godaan untuk tidak mencicipi kenikmatan hidangan di hari raya? Tetapi tidak perlu cemas, makanan enak tidak hanya itu-itu saja. Berikut beberapa cara memasak dengan cara sehat yang tidak boleh ENDEUSiast lewatkan.

1/ Merebus

Sajian lebaran punya banyak cara untuk dihidangkan dengan cara yang menyehatkan. Salah satunya dengan cara direbus. Berdasarkan penelitian, makanan yang direbus terbukti lebih sehat, bahkan dengan direbus, beberapa bahan makanan seperti wortel dan tomat menjadi lebih bergizi. Seperti halnya menu yang satu ini, Sup Merah, menu makanan yang mengandung pengaruh kolonial Belanda ini juga cocok disajikan sebagai menu sehat ketika hari raya tiba.

Sup yang cantik, lezat nan menyehatkan ini dapat dibuat siapa saja. Cara membuatnya pun praktis dan mudah, langsung simak langkah-langkah di sini . Sup merah dapat disiapkan dalam waktu singkat, cukup 25 menit saja. Selain nikmat, sajian lebaran kali ini tetap menyehatkan, karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Menu ini dapat menjadi salah satu alternatif solusi untuk menjawab kekhawatiran akan risiko penyakit yang disebabkan oleh asupan makanan yang tidak sehat.

2/ Mengukus

Memasak dengan cara mengukus akan menjaga kandungan nutrisi yang ada dalam bahan makanan. Menu lebaran yang nikmat dan menyehatkan selanjutnya merupakan makanan yang dimasak dengan cara dikukus. Ya, tidak lain dan tidak bukan, dialah siomay.

Dalam perjalanan panjangnya, makanan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu ini telah mengalami berbagai macam modifikasi. Contohnya terdapat isian Siomay Udang dan Ayam , ada pula yang diadaptasi menjadi makanan khas daerah seperti Siomay Bandung . Salah satu variannya dapat menjadi sajian yang lezat dan tentunya baik untuk tubuh. Simak cara membuat Siomay Sayur dari Endeus.tv untuk sajian Idul Fitri ini.

3/ Memanggang

Cara memasak yang satu ini juga dapat mempertahankan kandungan nutrisi yang ada pada makanan. Selain itu terdapat banyak jenis bahan makanan yang dapat diolah menjadi hidangan nikmat dan menyehatkan dengan dipanggang. ENDEUSiast dapat mulai bereksperimen dengan mencoba resep-resep praktis seperti Kentang Panggang , kemudian mencoba mengolah bahan masakan dengan tingkat kerumitan yang lebih tinggi seperti Kakap Panggang Sambal Dabu-Dabu , atau Ayam Panggang Saus Mangga Pedas seperti terdapat dalam resep di Endeus.tv untuk disajikan di hari lebaran nanti.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.