Selain murah, kelezatan jajanan kaki lima memiliki kelezatan yang selalu dirindukan.

Indonesia kaya akan resep masakannya. Berbagai cita rasa yang unik tersebar di suluruh nusantara. Tak terkecuali jajan kaki lima. Jajan kaki lima selalu menggoda untuk dicicipi. Harganya yang murah bisa dijangkau siapa saja.

Kuliner kaki lima khas Indonesia sangat beragam, mulai dari yang kering hingga yang berkuah. Aneka pilihan rasa seperti manis, pedas, asam, dan pedas ditawarkan oleh jajanan kaki lima. Tidak heran jika banyak orang suka jajan di jalan, ya. Apakah ENDEUSiast termasuk juga?

Sekali-sekali, ENDEUSiast harus coba membuat jajanan sendiri di rumah. Jadi, kalau suatu saat ENDEUSiast ngidam pengen makan jajanan kaki lima, ENDEUSiast bisa memasak sendiri. Ini dia 5 resep masakan jajanan kaki lima khas nusantara yang bisa ENDEUSiast buat sendiri.

1/ Batagor

Jajanan kaki lima khas Bandung ini sudah dikenal hampir di seluruh nusantara. Batagor sebenarnya adalah singkatan dari bakso tahu goreng. Tahu yang dilembutkan diisi dengan adonan ikan tengiri dan tenpung tapioka kemudian dibentuk bulat-bulat. Adonan ini kemudian digoreng hingga matang.

Batagor disajikan dengan saus kacang, kecap, sambal, dan perasan jeruk nipis. Yuk, coba membuat jajanan ini sendiri di rumah. Mau tau caranya? Contek resepnya di sini , ya.

2/ Cilok

Kalau ENDEUSiast mau mencoba memasak jajanan kaki lima ini, baca deh resepnya di sini . Tekstur cilok yang kenyal membuat perut kita kenyang dan puas dengan kenikmatan sambal kacangnya. Tau nggak sih? Cilok sebenarnya singkatan dari kata aci dan dicolok . Dinamakan bengitu karena bahan utama masakan ini adalah tepuk tapioka (dalam bahsa Sunda aci ) dan cara memakannya dengan cara dicolok (ditusuk) menggunakan lidi.

3/ Es Gabus

Kenapa ya makanan ini diberi nama es gabus? Ternyata, es gabus terbuat dari adonan tepung hunkue yang dibekukan. Jika ENDEUSiast memakan es gabus, rasanya seperti sedang mengunyah gabus. Jajanan ini adalah salah satu jajanan kaki lima jadul. ENDEUSiast pasti ingat ketika masih sekolah, ada saja pedagang yang menjual es gabus.

Apa ENDEUSiast rindu dengan es gabus yang sudah jarang dijual ini? Tenang saja, ENDEUSiast bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti Resep Es Gabus . Rasanya dijamin bisa bikin ENDEUSiast nostalgia masa-masa saat masih sekolah dulu.

4/ Seblak

Siapa yang nggak kenal jajanan ini? Cita rasa pedas dan gurih yang ditawarkan membuat jajanan ini hitz banget. ENDEUSiast penasaran bagaimana cara membuat jajanan khas Jawa Barat ini? ENDEUSiast bisa banget cobain bikin Resep Seblak Ceker atau Resep Seblak Makaroni Pedas . Pilih yang mana, hayo?

5/ Siomay

Kalau yang satu ini pasti udah sering banget ENDEUSiast cobain. Ternyata masakan ini berasal dari Cina. Di Cina masakan ini bernama shumai yang disajikan dengan saus asam manis. Kalau di Indonesia, siomay ditemani dengan saus kacang.

Olahan siomay yang paling terkenal di Indonesia adalah Siomay Bandung . Di dalamnya terdapat daging siomay, kol, telur, dan juga sayur pare. Nikmat banget ya. Apalagi jika ditambah sambel dan kecap!

Wuih, sedap semua ya jajanan kaki lima di Indonesia. Dari 5 jajanan kaki lima di atas, mana nih yang jadi favoritmu?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.