Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Di negara kita ini memiliki banyak sekali sajian kuliner yang bisa memanjakan lidah. Nggak terkecuali dengan sajian sambalnya yang beragam.

Indonesia memang memiliki banyak sekali ragam kuliner termasuk bumbu-bumbu yang mendukung kuliner tersebut menjadi lebih nikmat lagi ketika dinikmati.

Termasuk sajian sambal yang nampaknya nggak kalah banyaknya jika dibandingkan dengan kuliner lainnya. Nah di artikel kali ini kita akan membahas beragam resep sambal Nusantara yang menjadi favorit dari berbagai daerah. Penasaran apa aja? Yuk kita simak selengkapnya.

1. Sambal terasi

Mungkin sambal yang satu ini merupakan yang paling populer dari sambal lainnya. Banyak kuliner Nusantara yang juga dinikmati bersama. Dinikmati bersama nasi hangat dan lauk aja udah endeus. Bisa membuat nafsu makan jadi bertambah.

2. Sambal bawang

Satu lagi sambal yang menjadi favorit dan enak banget dicocol dengan lauk.

3. Sambal bawang cabai hijau

Sama seprti sambal bawang di atas, tapi yang satu ini menggunakan cabai hijau. Lengkapi sambal yang satu ini di meja makanmu agar keluarga menjadi lebih dimanjakan lagi lidahnya.

4. Sambal cabai hijau

Cabai hijau emang udah terkenal banget akan rasa pedasnya yang mengigit. Ditambah dengan serai dan daun jeruk, membuat sambal ini menjadi primadona ketika hadir di tengah-tengah lauk lain di atas meja makan.

5. Sambal matah

Tren akan sambal Nusantara yang satu ini memang sedang meningkat. Karena banyak makanan kekinian yang menggunakan sambal khas dari Bali tersebut.

6. Sambal dabu-dabu

Sambal yang berasal dari Manado ini pas banget disajikan dengan ikan bakar. Rasa pedas segar akan menyelimuti mulut kita sesaat menyantapnya. Membuatnya pun mudah, sehingga nggak heran kalau sambal yang satu ini juga menjadi favorit banyak orang.

7. Sambal kacang

Banyak banget makanan yang endeus ketika disajikan dengan sambal kacang. Sebut aja nasi uduk, nasi kuning, dan lainnya. Bahkan gorengan pun nggak kalah enak dinikmati bersamanya.

8. Sambal kecap

Selain menggunakan sambal dabu-dabu, ikan bakar juga enak banget loh dinikmati dengan sambal kecap. Rasa manis pedas dan segar karena bawang merahnya menambah selera makan.

9. Sambal bajak

Sambal yang berasal dari Jawa ini enak banget dipasangkan dengan ayam bakar, ayam goreng, atau pun ikan bakar dan goreng.

10. Sambal petis

Pernah makan tahu petis? Ya dinikmatinya emang dengan sambal petis. Kalau punya petis di rumah, coba aja diolah menjadi sambal ini.

11. Sambal bongkot

Sambal bongkot terbuat dari kecombrang dan berasal dari Bali. Sambal ini terasa segar dan beraroma.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya