Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Semur dengan kuah kental memang lebih menggoda. Namun, proses masaknya akan sangat lama. Untuk mensiasatinya, tambahkan saja beberapa bahan berikut.

Semur merupakan hidangan yang menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Beragam olahan semur bahkan muncul dari berbagai daerah di Indonesia. Salah satu ciri semur adalah adanya kuah semur yang kental dan kaya rempah. Inilah yang membuat rasa semur sangat diidolakan.

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat memasak semur adalah kuah yang encer dan kurang kental. Untuk mengatasinya, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan masakan semur ini, diantaranya :

1/ Menggunakan Remah Roti

Keberadaan remah roti dapat dimanfaatkan untuk mengentalkan kuah semur tanpa mengganggu rasanya. Caranya taburkan remah roti ke dalam cairan semur hingga didapat kekentalan yang diinginkan. Jika kurang kental, tambahkan kembali remah rotinya.

2/ Menggunakan Saus Rox

Saus Rox sendiri adalah saus dasar yang dapat digunakan untuk mengentalkan kuah, termasuk semur. Cara membuatnya sederhana. Pertama, campurkan mentega dan tepung dengan perbandingan 1:1. Panaskan hingga menjadi kental seperti saus. Setelah saus rox jadi, masukkan sedikit demi sedikit hingga kuah mengental. Bila tak ada mentega maka bisa gunakan minyak sayur.

3/ Menggunakan Maizena (Tepung Jagung)

Cara mengentalkan kuah semur dengan tepung maizena juga cukup gampang, yakni dengan mencairkan tepung menggunakan air, lalu masukkan air tepung sedikit demi sedikit hingga didapatkan kekentalan yang diinginkan.

4/ Menggunakan Kentang

Inilah cara termudah. Jika ENDEUSiast memasak semur menggunakan kentang, ENDEUSiast bisa mengambil kentang beberapa potong, lalu tumbuk kentang hingga halus dan masukkan sedikit ke dalam kuah. Rasa kentang yang tawar tidak akan merubah rasa semur.

Tak hanya kentang. Jika ENDEUSiast juga menggunakan sayuran lain seperti wortel dan sayuran lainnya, maka ENDEUSiast juga bisa menumbuk sayuran tersebut dan memasukkan tumbukan sayuran ke dalam kuah.

ENDEUSiast juga bisa menggunakan kentang tumbuk instant yang dijual di pasaran. Cukup tambahkan beberapa sendok bubuk kentang instan ini hingga didapatkan kekentalan kuah yang diinginkan.

5/ Menggunakan Oats

Oat selain menyehatkan juga bisa digunakan untuk membantu mengentalkan kuah semur. Caranya mudah, tambahkan beberapa sendok makan oat untuk menyerap larutan kuah. Namun, jika ENDEUSiast menggunakan oat untuk mengetalkan kuah, ENDEUSiast harus berhati-hati karena bisa jadi nanti rasa masakan akan berubah akibat oat.

6/ Menggunakan Jus Kacang Kalengan

ENDEUSiast bisa membeli kacang kalengan di supermarket, lalu gunakan kuah kacang kalengan ini untuk membantu mengentalkan kuah. Jika memang tekstur kacang dirasa cukup, tak masalah mencampurkannya pada semur, namun gunakan terakhir ya agar kacang tidak lembek. Jika tak ingin menggunakan kacangnya, masukkan ke dalam lemari es untuk digunakan memasak yang lain. ENDEUSiast bisa menumbuk sedikit kacang agar kuah semakin kental.

Setelah mengetahui cara mengentalkan kuah, ENDEUSiast tak perlu takut memasak semur. Saatnya berkereasi membuat semur. Yuk intip resepnya :

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.