Tip Sukses Membuat Cake Lembut Bagi Para Pemula
Tip Sukses Membuat Cake Lembut Bagi Para Pemula

Membuat cake lembut terkadang terasa tricky bagi para pemula. Padahal tips membuatnya bisa dipelajari. Yuk, simak tips berikut.

Membuat kue bukanlah proses yang sulit, tetapi masalah dapat timbul saat pembuatan.

Namun, dengan mengubah bahan-bahannya, kamu bisa menghilangkan sejumlah jebakan potensial yang menyebabkan kue menjadi kering dan cracky saat keluar dari oven.

Membuat pergantian atau menambahkan satu elemen tambahan adalah cara yang kamu butuhkan untuk membuat kue yang fluffy dan moist. Namun, harap dicatat bahwa tidak semua kue berkarakter begitu, ada kue yang biasa mengembang dan tidak moist.

1/ Pastikan Menggunakan Resep

Membuat kue merupakan pekerjaan yang mirip dengan percobaan sains. Kamu tidak bisa menebak-nebak apakah bahan ini cocok atau tidak, karena itulah resep yang sudah ada sangat baik bila kamu ikuti dan gunakan.

Jika kamu perlu mengubah resep saat memasak, catat apa saja perubahan dan hasilnya. Ini untuk menghindari kesalahan yang sama jika suatu hari kamu membuat cake yang sama.

2/ Tipe Cake

Beberapa tipe cake seperti red velvet dan carrot cakes secara natural sudah moist, dan faktanya cake dengan bahan liquid lebih banyak selalu lebih lembut dibanding cake lain. Sponge cakes bertekstur fluffy, sementara vanilla cakes biasanya tidak selembut atau empuk kue lain.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui yang kamu ekspektasikan saat memanggang jenis tertentu dan memiliki pengetahuan karakteristik tiap cake merupakan aset penting saat kamu ingin menentukan membuat kue.

3/ Memilih Bahan

Jenis-jenis bahan yang kamu gunakan untuk membuat kue memainkan peran utama dalam seberapa halus dan halusnya kue. Mari kita pertimbangkan beberapa tips di bawah ini:

• Gunakan tepung kue karena ia adalah tepung yang telah dicampur dengan beberapa tepung jagung agar teksturnya lebih ringan. Kue yang dipanggang dengan tepung kue biasanya lebih empuk dan lebih lembut daripada kue yang dipanggang dengan tepung serbaguna.

• Gunakan mentega asli sebagai pengganti margarin. Mentega mengandung lebih banyak lemak yang membantu menyatukan kue dan melembabkannya. Air berlebih dalam margarin akan menguap dalam panas oven, meninggalkan tekstur kering pada kue.

• Pertimbangkan untuk mengganti susu dengan buttermilk. Buttermilk memiliki kandungan asam tinggi yang memecah gluten dalam tepung, sehingga membuat kue lebih lembut. Jika kamu akan menggunakan buttermilk, pertimbangkan untuk menambahkan sedikit soda kue ke dalam resep.

• Mix adonan secara menyeluruh untuk memastikan penggabungan penuh dan rata untuk hasil kue yang tidak menggumpal.

Mudah bukan?

Setidaknya itulah basic yang harus kamu ketahui dalam memanggang kue. Jangan selalu mengharapkan cake yang lembut dan empuk setiap saat karena bisa jadi, sejak awal diciptakan, cake tersebut memang bertekstur kasar dan padat.

Helen Christianti