Tak pandai memilih durian terbaik? Tak perlu khawatir. Cukup perhatikan saja beberapa hal berikut saat membelinya.

Buah durian atau yang kerap disebut sebagai raja buah, adalah salah satu buah tropis yang sangat populer karena bentuknya yang berduri, aromanya yang menyengat dan rasanya yang manis dan lezat. Tetapi, tidak jarang buah durian yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang tidak layak jual. Sering kali pembeli tertipu oleh penjual-penjual nakal yang memberikan testimoni yang enak tapi menjual durian yang tidak layak.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantu ENDEUSiast untuk memilih durian yang enak :

1/ Pilih Durian yang Berbentuk Bulat

Perhatikan bentuk dari durian-durian yang dijual. Pastikan ENDEUSiast memilih durian yang bentuknya bulat, karena umumnya durian yang bulat memiliki daging yang kuning dan lebih matang daripada durian yang bentuknya cenderung lonjong. Durian lonjong biasanya memiliki daging yang lebih sedikit.

2/ Jangan Hanya Melihat Warna

Hati-hati, hindari memilih durian berdasarkan warna. Tidak selamanya warna durian dapat menentukan kematangan dan rasa dari buah durian. Setiap jenis durian memiliki warna yang berbeda-beda. Ada yang memang berwarna hijau, ada yang memang berwarna kuning kecoklatan, dsb. Tidak selamanya durian dengan kulit warna hijau adalah durian yang tidak matang, begitu pula sebaliknya.

3/ Perhatikan Tangkainya

Jika daging durian tebal dan banyak, umumnya tangkainya akan tebal dan pendek. Sebaliknya, jika buah durian tipis dan sedikit, umumnya tangkainya ramping dan cenderung panjang.

4/ Aroma Durian

Tidak dapat dipungkiri bahwa aroma menjadi salah satu penentu rasa durian. Ciumlah aroma durian, semakin harum aromanya, maka kemungkinan durian berdaging kuning dan manis juga semakin besar.

5/ Duri

Bentuk dari duri pada kulit durian ternyata juga harus diperhatikan. Duri yang pendek dan jarang-jarang, dipercaya memiliki daging yang lebih manis daripada duri yang panjang dan banyak.

6/ Berat Durian

Saat hendak membeli, perhatikan juga berat dari buah durian tersebut. Jika ENDEUSiast membeli durian yang beratnya ringan, kemungkinan besar dagingnya tebal dan sudah matang. Semakin besar biji duriannya, semakin tipis pula dagingnya dan buah durian juga semakin berat. Maka, pilihlah durian yang beratnya ringan.

Cukup mudah bukan? Mulai sekarang cobalah tips di atas dan dapatkan durian yang matang, harum, berdaging tebal dan tentunya manis dan lezat. Durian yang enak akan membuat masakan ENDEUSiast juga enak. Simak beberapa resep olahan durian dari Endeus.tv berikut ini :

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.