Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Resep masakan khas Korea ternyata banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Apa saja kira-kira bumbu wajib yang tak boleh terlewat?

Tidak hanya drama dan musiknya saja yang terkenal, makanan khas Korea kini sudah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia salah satunya adalah tteokbokki dan kimchi. Bagi ENDEUSiast yang sudah pernah mencoba masakan Korea pasti tau rasanya. Ya, memang makanan khas negeri ginseng tersebut memiliki aroma dan rasa yang asing bagi lidah orang Indonesia.

Keunikan dari masakan Korea adalah penggunaan bumbu inti yang tidak akan atau jarang ENDEUSiast temukan di pasar Indonesia. Jika selama ini ENDEUSiast hanya tau makanannya saja, mari kita simak bumbu inti yang banyak digunakan pada masakan Korea.

1/ Gochujang

Bila ENDEUSiast pernah melihat masakan Korea yang berwarna merah, maka sudah pasti menggunakan bumbu gochujang. Jadi bumbu inti yang satu ini sering digunakan untuk membuat masakan yang berwarna merah. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat gochujang adalah tepung beras ketan, garam, bubuk cabai dan fermentasi kedelai.

Makanan yang biasa menggunakan bumbu inti ini adalah tteokbokki sehingga rasanya akan pedas dan sedikit terasa manis. Jika ingin varian lain dari tteokbokki, ENDEUSiast bisa coba tambahkan keju mozzarella sehingga menjadi cheesy tteokbokki .

2/ Minyak Wijen (Chamgireum)

Tidak semua orang Indonesia menyukai bumbu yang satu ini. Alasannya adalah karena bau dan rasa dari kacangnya cukup menyengat. Walaupun begitu, minyak wijen atau dikenal dengan nama lain chamgireum ini menjadi bumbu penting untuk setiap pembuatan masakan tradisional korea.

Bumbu yang satu ini bisa dicampurkan untuk hampir semua jenis masakan seperti bubur, sup hingga makanana penutup. Minyak wijen tidak hanya bisa dijadikan sebagai bumbu masakan saja namun juga bisa dipakai untuk merendam daging sebelum memasuki tahap pemanggangan. Fungsi ini juga berlaku untuk gochujang. Keduanya sama-sama bisa digunakan untuk merendam daging.

3/ Kecap Asin (Ganjang)

Di Korea terdapat bumbu pengganti garam yaitu kecap asin atau biasa disebut dengan ganjang. Ada 2 jenis ganjang yang biasa dipakai pada masakan korea yaitu ganjang dan guk ganjang. Untuk jenis ganjang banyak digunakan untuk masakan daging panggang, marinasi, rebusan, cocolan hingga tumisan. Sedangkan untuk guk ganjang banyak dipakai untuk salad mentimun pedas (muchim), namul (sup berbumbu) dan sup.

Itulah beberapa bumbu inti yang biasa digunakan pada resep masakan khas Korea. Sebenarnya bumbunya tidak jauh beda dengan bumbu Indonesia, hanya saja untuk bumbu korea lebih banyak dari hasil fermentasi, sehingga lebih sehat. Kini ENDEUSiast bisa mencoba buat masakan korea ala kreasi sendiri.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.