#RekomEndeus 5 Alat Wajib Punya Untuk Membuat Donat
#RekomEndeus 5 Alat Wajib Punya Untuk Membuat Donat

Alat-Alat Untuk Membuat Donat. Source: Shutterstock.

Membuat donat jadi lebih mudah dengan bantuan alat-alat berikut.

ENDEUSiast ingin mencoba membuat donat sendiri di rumah? Selain cocok untuk camilan keluarga di akhir pekan, donat juga bisa menjadi pilihan bagi ENDEUSiast yang ingin memulai bisnis skala rumahan.

Proses pembuatan donat tergolong cukup mudah. Apa lagi didukung dengan beberapa peralatan dapur berikut. Sudah punya?

1. Timbangan Digital

Pembuatan donat hampir sama dengan pembuatan kue yang memerlukan keakuratan gramasi untuk setiap bahannya. Memiliki timbangan digital dengan ketepatan pengukuran skala 0,1 g menjadi alat penolong, terutama saat menghitung takaran ragi atau saat membagi adonan menjadi ukuran yang sama rata.

2. Hand Mixer

Mengaduk adonan roti atau donat hingga kalis memerlukan waktu cukup lama, terutama saat pengadukan manual menggunakan tangan. Pengadukan manual ini kerap membuat suhu adonan meningkat atau menjadi hangat. Akibatnya fungsi ragi sebagai pengembang ‘mati’ dan hasil akhir donat akan menjadi bantat. Untuk meminimalisir resiko ini dan mempersingkat waktu pengadukan, gunakan saja hand mixer dengan pengocok berbentuk spiral yang dikhususkan untuk mengaduk adonan roti dan donat.

3. Scrapper

Scrapper , dough cutter, atau yang kerap dikenal dengan nama alat pemotong adonan juga diperlukan saat membuat donat. Selain memudahkan saat memotong adonan, alat ini juga membantu membersihkan adonan yang kerap lengket pada permukaan meja kerja.

4. Wajan Penggorengan

Proses penggorengan donat memerlukan penggunaan minyak goreng yang cukup banyak. Wajan penggorengan dengan diameter besar dan memiliki kedalaman yang cukup tinggi akan membantu proses pemasakan donat. Selain proses penggorengan lebih cepat, minyak untuk menggoreng pun tidak mudah tumpah.

5. Penjepit Makanan

Saat menggoreng donat, gunakan penjepit makanan berbahan dasar silikon untuk membalikkan adonan. Peralatan silikon aman digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi maksimal 230°C.

Jika sudah memiliki peralatan tersebut, ENDEUSiast sudah siap untuk membuat donat sendiri di rumah. Yuk, coba beberapa menu donat milik Endeus.TV, seperti Donat Ubi Ungu , Donat Pisang , atau I Love Mom Donuts yang merupakan olahan donat kentang dengan karakter alfabet.

Helen Christianti