Duet tahu dan tempe selalu menemani hidangan utama di meja makan. Simak metode memasak khas Nusantara.

Tahu dan tempe adalah bahan yang tidak akan terpisahkan. Walaupun ada yang memasaknya terpisah, namun tetap saja kedua hidangan ini selalu jadi pilihan. Tahu tempe sendiri adalah hidangan yang sama-sama terbuat dari fermentasi kacang kedelai, namun keduanya memiliki tekstur yang berbeda.

Tahu dan tempe sangatlah mudah untuk diolah, baik ditumis maupun diberi kuah, hidangan ini tak pernah salah. Yuk, intip masakan nusantara apa saja yang biasanya menggunakan tahu dan tempe sebagai bahannya seperti keripik tempe

1/ Semur

Semur sendiri adalah hidangan berkuah yang identik dengan daging sapi maupun ayam, namun semur sebenarnya bisa juga dibuat menggunakan bahan tahu atau tempe. Tahu tempe yang berpadu dengan kuah semur tentu membuat kita tak akan berhenti makan.

Siapkan bumbu dasar putih dengan beragam rempah dan tambahan kecap, lalu masukkan tahu dan tempe dan tunggu hingga kecoklatan.

2/ Baceman

Masyarakat Jawa tentu tak asing dengan hidangan yang satu ini. Masih menggunakan tambahan kecap, tahu putih dan tempe akan dimasak bersama bawang merah, bawamg putih, dan gula jawa. Biarkan kecap dan gula serta bumbu meresap. Setelah matang, ENDEUSiast bisa menggorengnya atau langsung dikonsumsi.

3/ Opor

Opor juga identik dengan bahan utama ayam, padahal opor pun bisa dibuat menggunakan bahan sederhana seperti tahu dan tempe. Setelah opor tahu tempe selesai dimasak, jangan lupa icip-icip menggunakan lontong.

4/ Brongkos

Brongkos juga identik dengan daging ayam maupun sapi, padahal pada dasarnya brongkos bisa juga dibuat menggunakan bahan utama tahu dan tempe. Untuk yang belum pernah mencicipi brongkos, nampaknya harus berkunjung ke Jogja untuk mencicipinya. Warna brongkos sendiri hitam berkat bumbu kluwak yang ada di dalamnya, namun percayalah rasanya Endeus. Brongko sendiri masih bersaudara dengan rawon Hanya saja Brongkos dibuat menggunakan santan, rawon tidak menggunakan santan.

5/ Balado

Mau mengolah tempe dan tahu menjadi hidangan pedas? Balado jawabannya. Dibuat menggunakan bumbu cabai merah yang dihaluskan membuat balado sangat menggugah selera. ENDEUSiast cukup menumis bumbu dasar merah.

Untuk membuatnya cukup mudah, cobalah tumis bumbu dasar merah dengan tambahan rempah hingga harum dan matang. Masukkan tempe dan tahunya serta biarkan hingga bumbunya meresap sempurna ke dalam tempe dan tahu.

Mantap sekali ya masakan di atas. Walaupun bahannya sederhana, namun jika pintar mengolahnya keluarga pasti akan suka dan jangan lupa untuk memilih tempe dan tahu yang berkualitas dan enak, sebab hidangan terbaik akan berasal dari bahan terbaik.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.