Membuat Tahu Homemade? Why Not?
Membuat Tahu Homemade? Why Not?

Membuat Tahu Homemade? Why Not?

Pecinta tahu bisa membuatnya di rumah dengan langkah sederhana ini

Apakah tahu merupakan salah satu makanan favoritmu? Kalau iya, maka ENDEUSiast harus mencoba membuat tahu sendiri. caranya tidak sulit dan bahan-bahannya mudah didapatkan. Kalau ENDEUSiast ingin rasa yang sesuai dengan selera sendiri, ikuti langkah membuat tahu homemade ini ya.

1/ Mulai dengan Sari Kedelai

Bahan yang dibutuhkan adalah 2 gelas kacang kedelai dan air harus lebih banyak 3 kali lipat dari kacang kedelai. Rendam kacang kedelainya selama satu malam. Saring airnya dan sisihkan kacang yang telah melunak. Rebus air sebanyak 4 liter sampai mendidih, sementara haluskan kedelai dengan menggunakan blender.

Masak kacang kedelai yang baru saja dihaluskan. Campurkan kacang kedelai tersebut ke dalam panci isi air mendidih. Kecilkan api dan aduk adonan selama 15 menit hingga air mendidih lagi. Kemudian masukkan minyak sayur 2-3 tetes agar adonan tidak jadi mendidih. Terus masak selama tujuh sampai 10 menit. Setelah matang, saring air dengan ampas kedelai yang ada menggunakan saringan yang dilapisi kain kasa. Peras sampai airnya tidak ada, buang ampas, dan ENDEUSiast kini sudah memiliki air sari kedelai.

2/ Membuat Tahu Padat

Dalam membuatnya, ENDEUSiast membutuhkan 3 gelas susu kedelai, 1/2 sendok teh nigari (zat pengental), dan beberapa tetes minyak sayur. Siapkan loyang atau cetakan. Pastikan loyang atau cetakan memiliki lubang di bagian bawah. Lapisi loyang menggunakan kain kasa ukurannya sekitar empat kali dari loyang atau cetakan. Untuk alternatif ENDEUSiast bisa mengganti kain kasa dengan kain katun. Jika tidak punya cetakan khusus tahu bisa melubangi wadah plastik.

Masak susu kedelainya dalam suhu tidak lebih dari 60 derajat celcius. Kemudian siapkan zat pengental. Campur segelas air dan 1/2 sendok teh nigari dalam wadah. Setelahnya tuang dalam air kedelai yang sedang direbus. Masukkan setengah campuran zat pengental ke dalam panci. Terus aduk. Sampai 5 menit. Kini ENDEUSiast harus masukkan sisa setengah campuran zat pengental, aduk lagi.

Tutup panci dan kecilkan api. Biarkan selama 15 menit dan lihat adonannya mulai mengental, membentuk tahu. Ketika ENDEUSiast sudah melihat tahu yang terpisah dari air, itu artinya ENDEUSiast boleh mengangkat tahu.

Masukkan tahu ke dalam loyang atau cetakan tahu yang sudah disiapkan. Bentuk permukaan dengan menepuk-nepuk. Tutup dengan kain di atasnya, lalu letakkan pada wadah berisi air, dan diamkan selama 20 menit agar si tahu kering. Terakhir, dinginkan tahu lalu keluarkan dari cetakan.

Mudah bukan? Nah, kalau sudah mempelajarinya, tunggu apalagi? Buat yuk!

Endeustorial

Ikuti Instagram