Tidak hanya tersaji selama bulan Ramadhan, dalam menu sehari-hari pun tahu selalu berada dalam daftar lauk pauk yang wajib dikonsumsi.

Makanan buka puasa yang satu ini sudah pasti tak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak hanya tersaji selama bulan Ramadhan, dalam menu sehari-hari pun tahu selalu berada dalam daftar lauk pauk yang wajib dikonsumsi. Selain karena rasanya yang gurih, tahu juga mengandung beragam nutrisi.

Tahu merupakan makanan yang terbuat dari perasan kedelai yang diendapkan. Makanan bertekstur lembut ini ternyata berasal dari Tiongkok dan telah ada sejak zaman dinasti Han yaitu sekitar 2200 tahun yang lalu. Sesampainya di Indonesia, makanan yang kaya akan protein nabati ini berkembang sehingga memiliki beberapa varian, kemudian diadaptasi dan menjadi makanan tradisional khas beberapa daerah di Nusantara.

Tahu juga dikenal sebagai bahan makanan yang fleksibel karena dapat diolah menjadi beragam masakan dengan citarasa yang tidak kalah membangkitkan selera. Cara pengolahannya pun bervariasi, dapat diolah secara sederhana, hingga tingkat kerumitan yang tergolong tinggi. Tahu juga bisa divariasikan untuk diolah dengan bahan makanan lainnya.

Berikut ini beberapa menu makanan buka puasa berbahan dasar tahu yang nikmat dan praktis.

1/ Tahu Kukus Isi Daging

Kudapan berbahan dasar tahu kecintaan segala usia ini akan menghangatkan suasana berbuka. Tahu isi mudah dijumpai baik di pasar tradisional atau supermarket, akan tetapi bila ingin berkreasi di dapur, bisa intip resepnya di sini .

2/ Lumpia Goreng Kornet Tahu

Kreasi camilan yang satu ini menggabungkan dua makanan populer yaitu lumpia dan tahu. Kombinasi rasanya yang unik dan memanjakan lidah cocok disajikan saat berbuka bersama keluarga terkasih. Simak resep praktisnya di sini .

3/ Tahu Sambal Terong Belanda

Masakan yang satu ini patut dicoba karena perpaduan rasa tahu dan terong belanda yang membuat penasaran. Mudah dan praktis penyajiannya, sehingga sesuai untuk dijadikan makanan buka puasa. Ikuti cara bereksperimennya di sini .

4/ Rolade Tahu Daun Singkong

Meski sedang berkantong tipis, bukan berarti jadi halangan untuk berkreasi dalam memasak. Resep yang satu ini hanya memerlukan bahan-bahan sederhana, akan tetapi jangan diragukan lagi, hasilnya pasti menggoda selera. Jadikan kudapan sederhana nan menyehatkan ini teman berbuka dengan mengikuti caraya di sini .

5/ Pindang Tahu Goreng

Gurih ikan pindang, dipadu dengan segar cabai dan lembutnya tekstur tahu, ditambah lagi mudah dan praktis cara memasaknya. Menu satu ini sudah pasti harus ada dalam daftar makanan buka puasa Ramadhan ini. Ikuti caranya di sini .

Masih banyak lagi jenis masakan yang bisa dibuat dengan bahan dasar tahu. Bahan makanan yang satu ini memang selalu dapat menjadi solusi memasak yang mudah dan murah. Bagaimana, sudahkah terinspirasi untuk berkreasi dengan tahu untuk dijadikan makanan buka puasa hari ini?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.