Makanan Tradisional Jawa Tengah yang ENDEUSiast Wajib Coba!
Makanan Tradisional Jawa Tengah yang ENDEUSiast Wajib Coba!

Makanan tradisional Jawa Tengah harus ENDEUSiast coba ketika mengunjungi daerah ini

Makanan tradisional Jawa Tengah harus ENDEUSiast coba ketika mengunjungi daerah ini. Apa saja ya daftarnya? Simak yuk!

Makanan Tradisional Jawa Tengah tidak kalah enak dan beragam dibandingkan provinsi lainnya. Fitur yang paling menonjol dari hidangan mereka adalah rasa manis. Berikut adalah 15 Makanan Tradisional Jawa Tengah yang perlu ENDEUSiast ketahui. Beberapa makanan ini sekarang banyak tersedia di seluruh Indonesia karena popularitasnya di masyarakat.

1/ Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah sejenis gulungan berisi udang. Ini adalah makanan tradisional yang sangat dipengaruhi oleh masakan Cina. Lumpia terdiri dari udang, ayam, udang dan rebung. Isinya sudah dimasak sebelumnya. Lumpia diolah dengan cara digoreng atau dikukus. Untuk makan lumpia, ENDEUSiast bisa mencelupkannya ke dalam saus cabai manis atau cabai rawit yang disajikan dengannya.

2/ Serabi Solo

Sekilas, Serabi Solo mungkin tampak seperti versi kecil dari pancake Indonesia. Dibuat dari tepung beras dan santan, adonan kemudian dimasak menggunakan arang. Taburan irisan pisang atau nangka sering ditambahkan. Serabi Solo disajikan dengan daun pisang kecil yang diletakkan di bagian bawahnya.

3/ Wingko Babat

Wingko Babat paling enak dimakan saat masih hangat. Wingko dibuat dari kelapa parut dan beras ketan. Bentuknya mirip dengan pancake kecil tapi lebih tebal. Tekstur wingko babat lembut dengan serat kelapa yang gurih dan manis.

4/ Tongseng

Nama ini berasal dari suara makanan saat dimasak dalam wajan. Itu juga berasal dari kata Jawa 'osengan' yang berarti tumis. Makanan ini menggunakan daging kambing, kol, tomat dan cabai rawit. Rasa kuah yang gurih dari bumbu dan rempah khas Indonesia memuat tongseng disukai tidak hanya di Jawa Tengah.

5/ Horok Horok

Makanan tradisional berikutnya ini menjadi sangat langka di Jawa Tengah. Terbuat dari tepung jagung yang dikukus. Setelah dikukus, kemudian dipotong kecil-kecil. Kelapa parut dan sedikit garam sering ditambahkan ke makanan ini.

6/ Soto Jepara

Aroma bawang putih membuat soto menjadi sangat lezat. Horok Horok sering dimakan dengan soto ini. Rasa unik dari soto ini tidak dapat ditiru di tempat lain, dan itu adalah salah satu alasan mengapa orang terus kembali ke sana.

7/ Nasi Liwet

Nasi yang dimasak menggunakan santan untuk membuatnya lebih gurih dan lembut. Kaldu ayam juga ditambahkan selama proses memasak untuk meningkatkan rasa . Disantap dengan ayam opor, telur rebus, tempe, daging dan sayuran. Sepincuk nasi liwet hangat selalu dapat memuaskan para penggemarnya, bahkan mereka rela antri untuk dapat menikmati nasi liwet di malam hari.

8/ Selat Solo

Selat Solo adalah sejenis bistik sapi dari Jawa Tengah. Ada wortel, kentang rebus, tomat, kacang hijau dan selada di dalamnya. Tapi bintang utama hidangan ini adalah daging sapi diolah seperti semur. Semua ini disajikan dalam satu wadah. Penampilannya yang mirip dengan steak ini kerap menjadi hidangan suguhan andalan untuk tamu Keraton Solo.

9/ Swike Purwodadi

Apa yang membuat makanan ini menjadi sangat unik adalah kenyataan bahwa makanan ini dibuat dari kaki katak. Kakinya dimasak dengan berbagai cara. Beberapa tempat ada yang menggorengnya menggunakan tepung, mengubahnya menjadi sup dan banyak lagi. Yang umum hanya digoreng dan disajikan dengan kaldu kedelai fermentasi. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat hidangan ini dapat dinikmati oleh seluruh keluarga.

ENDEUSiast harus mencoba semua makanan lezat ini dari Jawa Tengah. Namun, jika ENDEUSiast tidak sempat ke sini, coba buat sendiri yuk!

1.

Tongseng khas Solo

2.

Soto Kudus

3.

Lumpia Goreng Kornet

Endeustorial

Ikuti Instagram