Nasi bisa diganti dengan bahan lain yang juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Alternatif ini cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang diet.

Bagi orang yang sedang menjalankan program diet biasanya akan mengurangi asupan karbohidrat, terutama nasi. Alasannya adalah nasi memiliki glikemiks yang tinggi sehingga bila dikonsumsi terlalu banyak, tubuh akan menumpuk lemak dan gula. Inilah yang membuat diet gagal.

Untuk mensiasatinya bisa dengan mencari pengganti makanan lainnya pengganti nasi yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan mempermudah tubuh untuk bisa mengontrol gula darah sehingga nafsu makan pun bisa lebih terkendali. Bagi ENDEUSiast yang sedang menjalankan diet, berikut dibawah ini beberapa makanan pengganti nasi yang bisa kamu coba.

1/ Jagung

Sejak jaman dahulu, jagung sudah dikenal sebagai makanan pengganti nasi yang menyehatkan dan cukup populer di seluruh dunia. Jenis jagung yang paling banyak dipilih untuk dikonsumsi adalah jagung manis. Bahkan juga bisa dijadikan sebagai olahan makanan seperti misal bubur jagung manis . Di dalam jagung terdapat kandungan serat yang tinggi serta berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan serat pada jagung membuat tubuh membutuhkan waktu lama untuk mencerna, sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi orang diet karena akan terasa kenyang lebih lama.

2/ Ubi

Ubi memiliki warna beragam dan yang cocok untuk dikonsumsi bagi orang diet adalah yang berwarna orange atau kuning karena terkandung serat yang tinggi. Selain itu juga terdapat kandungan mangan dan magnesium yang dapat menjaga kesehatan tulang dan jantung. Antioksidan pada ubi juga sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. Jadi ubi menjadi makanan pengganti nasi yang sehat karena rendah gula dan membuat kita menjadi kenyang lebih lama.

3/ Kentang

Sama halnya dengan ubi, kentang juga bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin lebih dari nasi. Untuk memakannya, bisa ENDEUSiast variasikan sesuai selera seperti menjadi kentang panggang .

4/ Oatmeal

Makanan pengganti nasi lainnya yang bisa ENDEUSiast coba adalah oatmeal. Oatmeal memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh dan orang yang sedang diet seperti antioksidan, mineral, vitamin dan serat yang tinggi. Tidak hanya sebagai pengganti nasi saja, oatmeal juga memiliki manfaat yang menguntungkan bagi tubuh seperti menurunkan kadar kolestrol dan gula darah.

Diantara 4 jenis makanan pengganti nasi, manakah yang akan ENDEUSiast coba? Semuanya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kita asalkan dikonsumsi sesuai dengan porsinya. ENDEUSiast juga tentu masih tetap boleh makan nasi hanya saja porsinya harus dikurangi dan diimbangi dengan makan sayuran serta buah-buahan setiap harinya. Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.