Ikan asin memiliki banyak jenisnya. Penggunaannya pun mengikuti sajian yang sedang disiapkan. Berikut ini adalah jenis-jenis ikan asin.

Memiliki rasa yang enak, plus harga yang cukup terjangkau, nggak heran kalo ikan asin banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Apalagi jika disajikan dengan nasi panas dan sayur asem yang merupakan salah satu kuliner lokal, bisa-bisa perut langsung laper dengan melihatnya aja.

Selain itu, jika menyimpannya benar bisa bertahan hingga satu tahun loh . Makanya banyak banget alasan untuk menyukai makanan yang satu ini. Tapi meski rasanya enak ternyata kita nggak bisa mengonsumsinya kebanyakan. Karena akan ada bahaya di balik mengonsumsi ikan asin terlalu banyak .

Kalian pasti udah tau kan kalo ikan asin itu banyak jenisnya? Tapi kadang nggak sadar dan nggak tau apa aja sih jenis-jenis ikan asin yang udah banyak tersedia. Nah di artikel kali ini kita akan membahas jenis ikan asin.

Mari kita simak selengkapnya.

1. Ikan Asin Bulu Ayam

https://kurio-img.kurioapps.com/19/07/08/8a4571ce-d727-4563-8a3c-68f9291b9941.jpg

Ikan asin bulu ayam paling enak dibalado atau dimasak sambal. Pedas dan gurihnya bisa membuat selera makan meningkat. Sedangkan disajikan dengan nasi hangat saja udah bisa membuat kita puas menyantapnya.

2. Teri medan

https://kurio-img.kurioapps.com/19/07/08/7bdb2ffb-a19c-413b-b375-4a8dba83d2b7.jpg

Ada dua jenis teri medan; yang asin dan yang tidak terlalu asin. Untuk yang nggak terlalu asin paling enak diolah bersama gulai daun singkong. Sedangkan yang asin, enaknya diolah dengan nasi goreng.

3. Teri jengki

https://kurio-img.kurioapps.com/19/07/08/af5e38fc-c471-4ef8-ac38-3e3eea7e037f.jpg

Yang satu ini merupakan ikan asin yang cukup banyak digemari. Yang membedakannya dari ikan teri medan adalah ukurannya yang lebih besar. Olahan ikan ini paling enak dibuat sebagai sajian teri kacang. Dengan kacang yang masih berbentuk bulat, enak disantap dengan nasi panas.

4. Jambal roti

https://kurio-img.kurioapps.com/19/07/08/c146c518-efe3-42ea-a376-9d315e34f660.jpg

Pernah makan nasi bakar yang terdapat ikan asin di dalamnya? Bisa jadi jenis yang dipakai adalah jambal roti. Karena jenis yang satu ini emang paling enak dimakan bersama nasi bakar. Atau bisa juga sebagai makanan pendamping nasi timbel.

Selain nasi timbel, ikan asin jambal roti juga endeus menjadi makanan pendamping bubur Manado.

5. Ikan asin kapas

https://kurio-img.kurioapps.com/19/07/08/690b0fa7-85d7-4796-9e16-2283908d6020.jpg

Ini enak banget disajikan bersama sayur asam atau sayur lodeh. Intinya kedua sayur tersebut akan menjadi sangat nikmat jika dicampur dengan ikan asin kapas. Nggak percaya? Buktiin aja sendiri.

6. Ikan asin gabus

https://kurio-img.kurioapps.com/19/07/08/ff2e157f-4d7c-4ed4-b069-9e954acb2ec4.jpg

Selain ikan asin bulu ayam, ikan asin gabus juga enak dibuat menjadi balado. Tapi baladonya dengan sambal ijo, wah itu udah pasti enak banget deh. Bisa juga dimasukkan ke dalam nasi liwet sebagai salah satu lauknya.

7. Ikan asin peda putih dan merah

https://kurio-img.kurioapps.com/19/07/08/0a743f81-da80-4318-b4a8-da8633b2d1d0.jpg

Ini rada beda dari ikan asin yang lainnya. Karena ikan asin yang satu ini enaknya digoreng biasa, lalu disiram dengan tumisan cabai rawit dan juga bawang. Nikmati dengan nasi hangat, bisa banget langsung memuaskan makan kita.

Itulah beberapa jenis ikan asin yang biasa kita temui dalam kuliner Indonesia. Dari semuanya, yang mana jenis ikan asin kesukaanmu? Atau sajian apa yang mengandung ikan asin yang menjadi favoritmu? Bagikan jawabanmu di akun sosial media Endeus.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.