Ikan asin salah satu makanan yang enak banget disantap. Sampai banyak banget orang yang doyan mengonsumsinya.

Ikan asin paling pas emang disajikan dengan nasi hangat. Saking terkenal enaknya, bahkan hampir di semua daerah di Indonesia memiliki menu ikan yang satu ini.

Ikan asin dibuat dengan cara ikan diberi penggaraman agar awet hingga sampai berbulan-bulan. Jadi ikan air laut atau ikan air tawar diberi taburan garam atau direndam dengan air garam yang kuat. Sehingga kandungan garam bisa meresap ke dalam ikan secara sempurna.

Sayangnya dalam proses ini membuat ikan zmenjadi kering dengan mengeluarkan cairan di dalamnya (ikan). Hal ini juga bisa menghilangkan protein yang dikandung oleh ikan.

Ternyata meski banyak disuka dan harganya yang termasuk murah, ada hal lain yang membuat kita nggak boleh makan ini terlalu banyak. Karena ada dampak negatifnya jika menyantap terlalu banyak.

Mari kita bahas apa aja masalahnya ketika makan ikan asin terlalu banyak.

1. Meningkatkan hipertensi

Karena prosesnya yang sudah disebutkan di atas, ikan asin jadi memiliki banyak sekali kandungan garamnya. Garam sendiri mengandung natrium. Natrium bisa menarik cairan yang besar di dalam tubuh, sehingga aliran darah yang dipompa juga menjadi besar.

Jadi semakin banyak kita mengonsumsi ikan asin, semakin banyak juga cairan di dalam tubuh kita yang hilang. Tubuh akan mengalami peningkatan tekanan darah yang cukup signifikan, sehingga berpotensi meningkatkan hipertensi.

2. Risiko penyakit jantung

Banyaknya kandungan garam dalam ikan asin bisa menghambat proses aliran darah ke jantung. Aliran darah berjalan lebih lambat yang mengakibatkan jantung harus bekerja lebih keras.

3. Pembengkakan di beberapa area tubuh

Karena ada beberapa cairan yang tidak tersalurkan dengan baik, menyebabkan pembengkakan di beberapa area tubuh. Seperti kaki dan paru-paru yang biasanya mengalami pembengkakan.

Garam yang terlalu banyak di darah bisa menghambat detoksifikasi tubuh.

4. Gejala stroke

Meski stroke biasanya menimpa orang yang sudah lanjut usia, nggak tertutup kemungkinan juga bisa datang ke kita yang masih usia muda. Hal ini bisa saja dipicu karena terlalu banyak menyantap ikan asin.

Kadar garam yang banyak pada ikan asin mengandung lemak jenuh. Hal ini yang bisa mengakibatkan seseorang bisa terserang stroke.

Itulah penjelasan akibat terlalu banyak mengonsumsi ikan asin. Ada baiknya memang makannya secukupnya, nggak perlu terlalu banyak. Hayo siapa yang doyan banget sama ikan asin? Coba kasih komentar di media sosial Endeus ya!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.