“Minum kopi saat buka puasa tidak baik untuk kesehatan” kerap kita dengar saat bulan puasa. Mitos atau fakta, ya? Yuk, cari tahu jawabannya.

Kopi sudah terkenal manfaatnya yang begitu besar karena mengandung banyak antioksidan. Minum kopi dapat menurunkan resiko terkena Diabetes tipe 2, penyakit jantung, juga depresi. Memimum kopi juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Tak heran ya, jika kopi menjadi minuman wajib setiap hari.

Bagi ENDEUSiast pecinta kopi, melewatkan hari tanpa kopi tentu terasa ada yang kurang. Nikmatnya aroma dan rasa kopi tidak boleh absen untuk dinikmati. Lalu bagaimana jika sedang berpuasa? Apakah aman meminum kopi saat berbuka?

Setelah berpuasa seharian, tubuh kita tidak terisi apa-apa selama kurang lebih 13 jam. Dalam keadaan perut yang kosong, ENDEUSiast memang sebaiknya mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan cepat mengembalikan energi dan cairan dalam tubuh.

Meminum kopi saat berbuka akan meningkatkan produksi buang air kecil. Hal ini karena sifat diuretik yang dimiliki kopi. Hal ini justru membuat ENDEUSiast semakin kehilangan cairan dalam tubuh dan dehidrasi.

Selain itu, minum kopi dalam keadaaan perut kosong dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika kebiasaan ini dilanjutkan, lapisan lambungmu bisa rusak, loh. Jika sudah begitu, ENDEUSiast bisa sakit dan malah tidak bisa menjalankan ibadah puasa. Tentu ENDEUSiast tidak mau hal ini terjadi, kan?

Lalu, Apa Minuman yang Dapat Menggantikan Kopi?

Dari pada minum kopi, ENDEUSiast bisa memilih minuman lain yang lebih sehat seperti air mineral. ENDEUSiast juga bisa berbuka puasa menggunakan jus buah-buahan yang mengandung serat dan karbohidrat. Serat dan karbohidrat akan membantumu untuk memulihkan energi tubuh setelah seharian berpuasa.

Bagaimana Jika Tidak Bisa Lepas dari Kopi?

Meninggalkan kopi tentu bukan hal yang mudah. ENDEUSiast merasa membutuhkan kopi untuk meningkatkan kesegaran tubuh. Tenang saja, ENDEUSiast bisa tetap minum kopi selama berpuasa dengan mengikuti tips di bawah ini.

Jangan langsung minum kopi saat berbuka

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, meminum kopi dalam keadaan perut kosong memberikan efek negatif pada kesehatan lambung. Jika ENDEUSiast tetap ingin minum kopi, jangan minum kopi langsung saat berbuka. ENDEUSiast harus meminum minuman lain seperti air putih atau jus. ENDEUSiast juga bisa menikmati takjil terlebih dahulu. Santaplah takjil yang manis sehingga bisa membantu mengembalikan energi tubuhmu.

Sebaiknya ENDEUSiast memakan menu utama terlebih dahulu sebelum minum kopi saat berbuka. Hal ini agar perutmu tidak kosong. Coba deh baca inspirasi menu ala rumahan yang bisa ENDEUSiast masak sebagai hidangan berbuka . Dijamin endeus! Tunggulah satu hingga dua jam setelah makan, baru ENDEUSiast boleh meminum kopi.

Jangan minum kopi saat sahur

ENDEUSiast tetap boleh menikmati minuman kesukaanmu ini selama bulan puasa. Akan tetapi, jangan minum kopi saat sahur ya. Seperti yang sudah dijelaskan, kopi memiliki efek diuritik jika tidak diimbangi dengan meminum air mineral yang banyak setelahnya. ENDEUSiast akan lebih banyak buang air kecil. Hal ini akan membuat ENDEUSiast dehidrasi.

Nah, bagaimana? Sudah tahu kan aturan meminum kopi selama bulan puasa? ENDEUSiast tetap bisa menikmati kopi selama bulan puasa tanpa mengganggu kesehatanmu.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.