Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kepiting merupakan sajian lezat yang kerap dihindari karena sulitnya proses mengonsumsi sajian ini. Berikut persiapan wajib saat ingin menyantapnya.

Kepiting merupakan sajian seafood yang banyak dijadikan pilihan saat seseorang ingin menyantap seafood. Rasanya gurih dan lezat, namun kepiting yang banyak cangkang ini membuatnya sulit disantap. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk menghancurkan cangkang kepiting. Sudah dibayangkan, jika begini maka saat makan pasti akan berantakan. Sebenarnya bagaimana cara menyantap kepiting yang benar bagi pemula?

Menyiapkan Meja Makan

Mengkonsumsi kepiting bukanlah hal yang mudah, karena pasti akan berantakan. Inilah pentingnya menyiapkan meja agar terhindar dari cipratan dan cangkang yang tersisa. Gunakan koran atau kain lap untuk melindungi dan menyerap cairan yang terciprat.

Menyiapkan Peralatan

Siapkan peralatan seperti palu kepiting, pisau tumpul, hingga pemecah kepiting. Kukuslah dahulu kepiting sebelum diolah menjadi masakan. Biasanya kepiting akan berubah berwarna kemerahan. Untuk inspirasi masakan kepiting, bisa cek Resep Bakmie Kepiting dan Resep Dadar Gulung Kepiting Ayam

Gunakan Gerakan Memutar untuk Menarik Seluruh Capit Kepiting

Dengan pisau tumpul, tusuklah bagian sendi kepiting untuk mematahkan kaki kepiting dengan mudah. Kadang ada bagian daging yang ikut tertarik keluar dan bisa dimakan. Patahkan kaki kepiting dan simpanlah capitnya.

Balikkan Kepiting dalam Posisi Telentang

Buka ekor penutup pada kepiting. Selanjutnya, gunakan masing-masing tangan untuk memegang bagian atas dan bawah kepiting seolah sedang membuka roti lapis isi selai. Tarik cangkang atas dengan hati-hati, lalu buang cangkangnya. Bersihkan kepiting dengan membuang bagian insang untuk melihat isinya.

Membagi Dua Kepiting

Ambillah salah satu bagian kepiting dan gunakan pisau untuk membagi kepiting menjadi dua bagian. Jika ENDEUSiast menggunakan tangan, maka tekanlah kepiting hingga patah dan tarik hingga terpisah. Di sinilah daging mulai terlihat. Ambil daging yang terlihat dengan tangan. Nikmatilah. Gunakan bantuan pisau untuk mengambil daging dari celah cangkang yang lebih kecil.

Mengumpulkan Seluruh Bongkahan Daging Kepiting

Kumpulkan seluruh bongkahan daging kepiting dimulai dari bagian capit. Gunakan pemecah dan pukul capit dengan palu kepiting atau pisau. Posisikan sisi pisau yang tajam pada bagian tengah capit yang merah. gunakan palu kepiting untuk memukul pisau dengan lembut hingga pisau menembus bagian capit. Putar pisau ke samping untuk membuka capit dan memudahkan ENDEUSiast mengambil isinya. Hati-hati pecahan cangkang yang tajam.

Tip:

Periksalah semua bagian kepiting, karena ENDEUSiast tak mau membuang bagiaan daging kepiting yang mahal dan lezat ini kan?

Peringatan

Sebaiknya sebelum dikonsumsi kepiting harus dimasak dahulu. Hindari mengkonsumsi kepiting hidup langsung dari laut, karena beresiko membuat ENDEUSiast terluka.

Layaknya binatang laut yang lain, ENDEUSiast harus berhati-hati, karena kepiting memiliki bagian-bagian kecil yang rentan membuat terluka.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.