Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Bahan-bahan ini juga bisa ditambahkan sebagai campuran minuman segar lho.

Untuk menu takjil buka puasa, sebagian besar orang memilih minuman segar untuk melepas dahaga. Minuman segar yang populer di Indonesia adalah yang menggunakan es di dalamnya; es campur , es teler, es buah, es cincau, dan sebagainya.

Bahan utama minuman segar ini biasanya adalah buah-buahan. Namun selain buah-buahan, ada beberapa bahan lain yang juga bisa ditambahkan untuk campuran minuman segar sesuai selera agar menambahkan rasa yang kita suka. Berikut ini beberapa bahan yang bisa ditambahkan untuk campuran minuman segar.

1. Biji selasih

Biji selasih adalah bahan pelengkap untuk segala jenis minuman segar. Minuman yang dicampur dengan biji selasih mempunyai rasa yang segar dan tekstur yang unik. Selain lezat, biji selasih ini juga baik untuk dikonsumsi lho.

2. Nata de coco

Nata de coco adalah salah satu bahan minuman segar yang berbentuk kotak dengan tekstur kenyal seperti jeli. Makanan ini dibuat dari fermentasi air kelapa. Nata de coco sendiri berarti krim kelapa dalam Bahasa Spanyol. Makanan yang satu ini sangat cocok dicampurkan ke dalam minuman segar dan es.

3. Kolang-kaling

Kolang-kaling adalah salah satu makanan yang banyak ditemui ketika bulan Ramadan. Buah yang berasal dari pohon aren ini mempunyai tekstur kenyal mirip jeli. Selain lezat, kolang-kaling ternyata juga mengandung banyak nutrisi seperti fosfor, karbohidrat, air, vitamin C, dan juga kalsium. Konsumsi kolang-kaling bisa membantu melancarkan pencernaan karena kandungan serat yang tinggi.

Tapi sebelum diolah ke dalam minuman, pastikan juga untuk menghilangkan aroma asam pada kolang-kaling .

4. Cincau

Berbicara masalah minuman segar, nggak lengkap kalau kita nggak membahas cincau. Bahan yang satu ini sangat mudah dijumpai terutama ketika bulan puasa. Makanan yang satu ini terbuat dari daun cincau dengan tekstur kenyal dan berwarna hitam.

Kita bisa menambahkan cincau ini untuk es campur hingga olahan minuman kekinian seperti cappucino cincau. Pastikan juga kita udah membersihkan cincau sebelum dinikmati.

5. Jeli

Jeli juga nggak pernah absen dari sajian minuman segar selama bulan Ramadan. Sekarang ini sudah tersedia jeli dengan berbagai bentuk dan warna yang lucu. Kita juga bisa membuat sendiri dari bubuk jeli untuk ditambahkan ke dalam es sesuai selera.

6. Es krim

Bila ingin sajian es campur atau es teler semakin nikmat, kita bisa menambahkan es krim ke dalamnya. Tambahan es krim yang manis akan menambah rasa menjadi semakin lezat. Jangan lupa juga tambahkan kental manis agar minuman segar menjadi lebih legit.

7. Sagu mutiara

Sagu mutiara ini mempunyai tekstur yang mirip dengan jeli. Namun bentuk sagu mutiara ini hanya bulat saja dan biasanya berwarna pink. Sagu mutiara juga bisa ditambahkan ke dalam aneka olahan minuman segar agar rasanya semakin bervariasi.

8. Rumput laut

Bila ingin sajian minuman segar lebih sehat, kita bisa menambahkan rumput laut. Selain menambahkan tekstur yang unik, rumput laut juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya