Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Jangan bingung, hilangkan bau asam pada kolak kolang-kaling dengan cara ini.

Selain es buah dan timun suri, manisan dan kolak kolang kaling menjadi salah satu menu takjil yang juga sangat digemari ketika bulan Ramadan. Kolang kaling ini berasal dari pohon aren yang mempunyai tekstur kenyal mirip agar-agar.

Selain untuk campuran kolak, kolang kaling ini juga biasanya dibuat untuk manisan dan juga campuran es buah. Di balik rasa kolang kaling yang lezat, mengolah kolang kaling ternyata juga cukup susah karena bahan ini mempunyai rasa asam.

Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan aroma asam pada kolang kaling.

1. Cuci berulang kali

Kolang kaling biasanya dijual dengan cara direndam dalam air agar segar lebih lama. Namun proses perendaman yang lama ini membuat kolang-kaling menjadi berlendir dan baru serta rasanya menjadi asam dan kurang sedap. Setelah membeli kolang-kaling, sebaiknya cuci terlebih dahulu di bawah air mengalir hingga lendirnya hilang dan benar-benar bersih.

2. Rebus kolang kaling dan buang airnya

Setelah dicuci bersih namun bau asam masih tercium, sebaiknya kolang-kaling direbus selama beberapa menit. Setelah mendidih, buang air rebusan kolang-kaling dan rebus lagi dengan air yang baru hingga mendidih.

Ulangi langkah ini hingga beberapa kali sampai dirasa kolang-kaling tidak lagi berasa atau berbau asam. Bila sudah begitu, kolang-kaling siap diolah menjadi kolak atau pun manisan.

3. Rendam dalam cucian air beras

Bila ingin kolang-kaling dengan tekstur kenyal dan tidak berbau asam, kita bisa merendam kolang-kaling dalam air cucian beras. Rendam kolang-kaling dalam air cucian beras selama 1 hingga 1,5 jam.

Air beras ini dipercaya bisa menghilangkan aroma tidak sedap pada kolang-kaling. Selain air beras, bisa juga merendam kolang-kaling dengan air kelapa selama setengah jam. Pastikan bila kolang-kaling benar-benar terendam air kelapa agar aroma asamnya hilang.

4. Rebus dengan daun aromatik

Daun aromatik seperti daun pandan dan daun jeruk juga bermanfaat untuk menghilangkan bau asam pada kolang-kaling. Selain menghilangkan rasa asam, daun aromatik ini juga menambah aroma sedap pada kolang-kaling.

Daun pandan bisa ditambahkan ketika merebus kolang-kaling. Selain daun pandan dan daun jeruk, kita juga bisa menambahkan cengkeh atau kayu manis untuk menambah aroma kolang-kaling bila suka.

5. Rebus dengan air gula

Pada rebusan kolang-kaling yang terakhir, bisa menambahkan gula untuk membuat rasanya semakin legit dan lezat. Selain membantu menghilangkan rasa asam dan membuat kolang-kaling semakin lezat, penambahan gula juga berfungsi sebagai pengawet alami.

Bila direbus dengan air gula, kolang-kalig bisa tahan disimpan meski sudah beberapa hari. Bila suka, kita juga bisa menambakan perasa buah dan pewarna buah yang alami agar tampilan kolang-kolang menjadi semakin manis.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya