Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Jangan sampai salah, ini cara membersihkan cincau hitam untuk es buah.

Cincau hitam adalah salah satu bahan wajib untuk es buah, capucino cincau, es campur, dan lainnya. Di bulan Ramadan seperti ini minuman segar memang menjadi primadona utama yang banyak dicari. Nggak heran bila banyak orang yang memburu cincau hitam untuk dijadikan menu takjil.

Cincau hitam ini biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau, namun biasanya ada beberapa yang rasanya sedikit pahit. Agar rasa cincau hitam tetap lezat, kita bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Buang gumpalan gelembung

Cincau hitam seharusnya mempunyai permukaan yang mulus. Bila cincau hitam mempunyai gumpalan gelembung di permukaannya, itu tkita bila cincau belum dimasak dengan matang.

Untuk menyiasatinya, bisa menghilangkan bercak gelembung tersebut dengan cara dipotong. Potong sedikit saja bagian yang bergelembung hingga tidak tersisa. Kemudian letakkan bagian yang masih bagus di mangkuk.

2. Cuci dengan air mengalir

Setelah cincau hitam sudah tidak lagi bergelembung, kita bisa mencucinya kembali agar lebih bersih. Mencuci cincau hitam harus menggunakan air mengalir agar kotorannya hilang. Pastikan untuk menggunakan air yang mengalir pelan agar cincau hitam tidak hancur.

Mencuci cincau hitam juga bermanfaat untuk menghilangkan lunturan warna hitam pada cincau. Lakukan langkah ini selama beberapa kali hingga cincau tidak lagi luntur tanpa membuat cincau hancur.

3. Rendam dengan air matang

Setelah cincau hitam sudah bersih dari kotoran, langkah selanjutnya adalah merendam cincau dengan air matang. Sebelum direndam, kita bisa mengiris cincau sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Kemudian rendam dengan air matang namun jangan sampai semua bagiannya terendam karena nanti cincau akan berubah menjadi lembek. Perendaman ini juga tidak perlu terlalu lama. kita bisa langsung menggunakan cincau yang sudah direndam untuk minuman segar. Terlalu lama merendam cincau akan menyebabkan cincau menjadi keriput dan tampilannya kurang bagus lagi.

4. Simpan di kulkas

Bila tidak segera digunakan, kita bisa menyimpan cincau di dalam kulkas. Namun sebaiknya bersihkan cincau dengan cara di atas sebelum disimpan. Letakkan cincau dalam wadah kedap udara tanpa air rendamannya. Bersihkan cincau dengan air matang hingga air lunturannya hilang dan masukkan dalam wadah kedap udara. Cincau bisa bertahan paling lama tiga hari di dalam kulkas dan tidak perlu diletakkan di dalam freezer.

Cincau hitam ini mempnyai aroma dan rasa yang khas. Namun cincau harus tetap dibersihkan dengan baik sebelum digunakan. Oleh karena itu membersihkan cincau dengan benar menjadi hal yang wajib agar rasa cincau dan minuman tetap lezat dan segar.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya