Makanan yang dikonsumsi pada saat berbuka tidak hanya mengenyangkan, namun juga akan mengembalikan sistem metabolisme tubuh agar kembali berenergi.

Beragam makanan buka puasa dapat ditemukan dengan mudah di sepanjang bulan Ramadhan. Sebagian orang menyukai makanan manis, sebagian lainnya menyukai rasa gurih dan asin.

Makanan yang dikonsumsi pada saat berbuka tidak hanya mengenyangkan, namun juga akan mengembalikan sistem metabolisme tubuh agar kembali berenergi setelah seharian berpuasa. Makanan enak sudah pasti banyak, tapi sudahkah menu yang dipilih memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh selama berpuasa?

Selektif dalam memenuhi asupan gizi selama berpuasa kini semakin dipertimbangkan. Siapa sangka dengan menerapkan kebiasaan sederhana, dapat menyambut hari lebaran tanpa khawatir berat badan naik di kemudian hari? Pilihan menu berbuka yang lezat dan bergizi tergolong mudah dijumpai di sekitar kita. Berikut makanan buka puasa yang tidak hanya memanjakan lidah akan tetapi juga baik untuk tubuh:

1/ Kurma

Buah yang berasal dari Teluk Persia Ini baik untuk dikonsumsi ketika membatalkan puasa. Kandungan gula alami yang ada di dalamnya bermanfaat untuk mengembalikan energi tubuh. Makanan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW ini juga kaya akan zat besi, sehingga baik untuk menambah sel darah merah.

2/ Madu

Zat manis yang kaya manfaat ini selain rasanya nikmat, juga memiliki banyak manfaat, salah satunya mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melawan perkembangan sel kanker. Madu dapat dijadikan pemanis pengganti gula pada minuman dan makanan buka puasa.

3/ Buah-buahan

Siapa yang tak tergoda dengan kesegaran rasa buah-buahan untuk dijadikan menu berbuka? Selain mudah diperoleh, buah-buahan juga mudah diolah menjadi berbagai macam menu makanan buka puasa yang nikmat dan menyehatkan, mulai dari salad buah, jus, hingga es campur. Tak hanya enak, kandungan vitamin yang ada dalam buah bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

4/ Sayuran

Saat ini semakin banyak menu olahan sayur yang tak kalah menarik dibandingkan dengan hidangan kekinian, meskipun tidak dapat dipungkiri, sumber makanan kaya vitamin ini bukanlah makanan favorit sebagian orang.

Sayuran termasuk bahan yang mudah ditemui dan cara mengolahnya pun sederhana. Makanan yang berbahan dasar sayur mengandung serat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh selama berpuasa.

5/ Telur

Makanan dengan tekstur lembut seperti telur baik untuk dijadikan menu berbuka. Selain karena mudah dicerna, telur dapat memenuhi kebutuhan protein tubuh. Bahan makanan ini cenderung fleksibel karena dapat diolah menjadi berbagai macam jenis menu berbuka. Telur Kriuk Pedas atau Rendang Telur bisa jadi pilihanmu.

Inilah beberapa alternatif makanan buka puasa yang lezat dan menyehatkan. Makanan tersebut selain mudah dijumpai di mana saja, juga dapat dikonsumsi secara langsung, atau dimasak dengan praktis dan sederhana. Sudahkah salah satu di antaranya ada dalam menu buka puasa hari ini?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.