4 Cara Membuat Kuah Bakso Enak
4 Cara Membuat Kuah Bakso Enak

Cara Membuat Kuah Bakso Rumahan yang Gurih dan Sedap

Kuah bakso dengan rasa gurih menjadi penentu kualitas semangkuk bakso. Untuk mendapatkan kuah yang endeus, perhatikan cara membuat kuah bakso ini

Membahas soal kuliner Indonesia, ada banyak sekali tak terhitung jumlahnya. Salah satu makanan asli Indonesia yang patut dibanggakan adalah bakso. Bakso berbentuk bola-bola kenyal yang terbuat dari daging dengan dan disajikan dengan kuah kaldu. Kaldu merupakan kuah yang terbuat dari larutan lemak dan saripati daging yang direbus cukup lama. Meski nampaknya mudah karena hanya dengan merebus saja tetapi ENDEUSiast harus mengetahui tipsnya agar bisa menghasilkan kuah kaldu bakso yang enak. Daripada penasaran mari kita simak cara membuat kuah bakso berikut ini.

1/ Memilih daging dan lemak

Cara membuat kuah bakso yang pertama adalah memilih daging dan lemak. Untuk bisa mendapatkan rasa yang enak dan gurih dari kuah baksonya, sebaiknya pilihlah bagian daging yang mengandung lemak atau bisa juga menggunakan tetelan daging sapi dengan potongan lemak. Lemak inilah yang membuat kuah bakso terasa gurih. Namun, ENDEUSiast jangan memberikannya terlalu banyak karena akan membuat kuah baksonya menjadi berminyak.

2/ Rebus Daging dan Lemak

Siapkan air di panci secukupnya lalu rebuslah hingga mendidih. Setelah mendidih ENDEUSiast bisa langsung memasukkan daging dan lemaknya. Rebus sebentar lalu buang air rebusan tersebut beserta kotorannya. Lanjutkan rebus lagi dengan menggunakan air yang baru hingga daging dirasa sudah empuk. Untuk menghasilkan kaldu yang tidak keruh maka gunakanlah api kecil.

3/ Bumbu

Untuk menghasilkan citra rasa sedap, ENDEUSiast bisa membumbui kaldu dengan cukup menggunakan bawang putih yang telah dicincang halus. Masukkan bumbu tersebut ke dalam kuah bakso lalu tambahkan mrica dan irisan daun bawang. ENDEUSiast juga bisa menambahkan kaldu ayam bubuk bila suka. Lalu lanjutkan merebus kuah hingga airnya mulai surut setidaknya hingga seperempat bagian.

4/ Saring Kaldu

Setelah matang, angkat kuah tersebut dari kompor dan diamkan beberapa saat hingga mulai dingin lalu saring kaldu tersebut. Kaldu daging memang agak sedikit berwarna kecoklatan dan terlihat keruh namun soal rasa kaldu daging lebih gurih dibandingkan dengan kaldu tulang. Terakhir, masukkan bakso ke dalam kuah kaldu tersebut. Pilihlah bakso yang gurih pula sehingga rasanya tidak akan terlalu asin. Layaknya bakso yang dijual pada di restoran, ENDEUSiast bisa menambahkan garam, cuka, kecap dan sambal ke dalam kuah bakso tersebut, disesuaikan dengan selera ENDEUSiast.

Demikianlah cara membuat kuah bakso yang enak dan gurih. Jika ENDEUSiast ingin mencoba dengan kuah lainnya bisa menggunakan resep bakso kuah tom yum atau bakso ikan kuah laksa . Semoga tips kali ini bermanfaat bagi ENDEUSiast untuk membuat kuah bakso di rumah. Selamat mencoba.

Endeustorial

Ikuti Instagram