Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Memiliki sirup gula yang siap sedia di rumah memang memudahkan kita saat ingin membuat sebuah minuman dingin. Membuatnya juga cukup mudah. Yuk, simak.

Sirup gula biasa digunakan dalam berbagai minuman Indonesia maupun luar negeri, contohnya saja es campur , sup buah, sampai cocktail. Meskipun sudah banyak produsen skala besar yang menjualnya, namun ENDEUSiast tetap bisa membuat sirup sederhana yang lebih murah, sehat, dan ekonomis untuk keluarga.

Untuk membuatnya yang diperlukan adalah secangkir air, 1-2 cangkir gula, dan vodka satu sendok penuh. Vodka ditambahkan agar sirup gula lebih awet, namun ini opsional. Nah... ini step by step membuatnya!

1/ Pilih Gula

Gunakan gula yang cukup halus agar resiko kristalisasi pada sirup berkurang. Misalnya saja bisa gunakan gula aren atau merah. Di luar negeri gula cokelat mentah seperti turbinado digunakan untuk membuat sirup rum. Namun tenang saja, gula pasir tetap bisa digunakan jika tidak ada gula lain Jangan memilih gula bubuk karena ia mengandung maizena yang tidak dapat larut di air.

2/ Takarlah Air dan Gula

Untuk membuat sirup gula, gunakan takaran satu banding satu. Misalnya satu cangkir gula dengan secangkir air. Namun bila dirasa kurang kental, perbandingan bisa dinaikkan dengan gula jauh lebih banyak. Sirup yang kental lebih lama bertahan, namun resiko untuk kristalisasi lebih besar.

3/ Rebus dan Aduk

Setelah bahan sudah siap, silahkan campurkan gula dan air ke dalam panci kemudian rebus sambil diaduk sampai gula menjadi larut. Untuk sirup kental, harus diaduk perlahan karena gula bisa mengkristal kembali dan sirup gagal. Jangan lupa untuk menyingkirkan butiran gula yang terdapat pada sisi panci. Satu saja yang masih ada bisa menyebabkan kristalisasi lebih banyak. Jika ada yang seperti itu, masukkan kembali ke adonan sirup atau tutup panci selama beberapa menit dan gula akan masuk sendiri. Tunggu hingga matang.

4/ Sisihkan Sirup dan Cek

Setelah matang, diamkan sirup hingga mendingin. Cek kembali apakah ada gula yang membentuk kristal. bila ada, tambahkan air sedikit dan rebus kembali. Setelah sirup terlihat sempurna, pindahkan ke wadah yang steril. Cara mensterilkannya bisa dengan disiram atau cuci menggunakan air mendidih. Ini juga mencegah pengkristalan dan membantu mengawetkan sirup. Tutup rapat jika sudah dipindah dan masukkan dalam kulkas.

Itulah cara sederhana membuat sirup. Untuk ketahanannya bervariasi sekitar 1-6 bulan, namun semakin kental gula, sirup akan lebih lama bertahan, apalagi jika ditambah vodka. Selain itu untuk menambahkan warna dan perasa, rempah seperti kayu manis, kemangi, pandan, dan pala bisa digunakan. Mudah bukan? Apakah ENDEUSiast mau mencobanya?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.