Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Setiap negara mempunyai makanan khas yang disajikan ketika hari kemerdekaan. Berikut ini daftarnya.

Di Indonesia, makanan yang biasa disajikan ketika hari kemerdekaan adalah nasi tumpeng. Nasi tumpeng merupakan salah satu bentuk syukur atas kemerdekaan Indonesia. Sama halnya dengan di Indonesia, Negara lain juga mempunyai makanan khas yang biasa disajikan ketika hari kemerdekaan.

Makanan yang disajikan di hari kemerdekaan setiap Negara mempunyai makna dan latar belakang yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa makanan khas hari kemerdekaan dari beberapa Negara di dunia.

1/ Quiche Lorraine, Perancis

Hari kebanggan Perancis atau dikenal sebagai la Fete nationale atau Bastille Day dirayakan pada 14 juli. Hari kemerdekaan ini menandakan penyerbuan gudang senjata Bastille pada tahun 1789. Pada hari tersebut, biasanya masyarakat Perancis menyajikan Quiche Lorraine . Quiche ini adalah makanan yang dibuat dari bacon, bawang, susu, dan sebagainya. Makanan ini sering disajikan pada hari kebanggaan Perancis ini.

2/ Nasi lemak, Malaysia

Malaysia merayakan hari kemerdekaan dari Inggris pada tanggal 31 Agustus. Pada hari kemeredekaan ini, masyarakat Malaysia menyajikan nasi lemak. Sebenarnya nasi lemak ini tidak jauh berbeda dengan nasi uduk yang ada di Indonesia karena sama-sama dibuat dengan santan. Nasi lemak ini biasanya disajikan dengan ikan teri dan kacang serta telur rebus. Nasi lemak ini menandakan bila makanan tersebut menyatukan semua orang dengan latar belakang pada hari perayaan kemerdekaan.

3/ Kleftiko, Yunani

Pada tanggal 25 Maret, Yunani merayakan hari kebebasan dari kekaisaran Ottoman pada tahun 1821. Masakan yang biasanya disajikan pada hari perayaan ini adalah kleftiko. Kleftiko secara harfiah bisa diartikan sebagai makanan pencuri. Makanan khas Yunani ini terbuat dari daging domba yang sudah dibumbui dan dimasak lama.

4/ Qatayef, Mesir

Qatayef adalah salah satu makanan penutup yang populer dijual di pedagang kaki lima saat Ramadan. Namun di Mesir, makanan yang satu ini juga disajikan selama hari kemerdekaan pada tanggal 28 Februari. Qatayef ini adalah makanan yang terbuat dari keju atau kacang.

5/ Tricolor dishes, India

Hari kemerdekaan India dirayakan pada tanggal 15 Agustus. Makanan yang biasa disajikan ketika perayaan kemerdekaan adalah tricolor dishes atau makanan tiga warna. Meskipun orang India bisa menikmati makanan ini kapan saja, namun makanan ini khususnya disajikan ketika perayaan kemerdekaan. Makanan tiga warna ini mencerminkan bendera India yaitu putih, oranye, dan hijau.

6/ Feijoada, Brasil

Brasil merayakan kemerdekaan pada tahun 7 September dari pendudukan Portugal. Pada hari tersebut adalah orang Brasil menyajikan Feijoada sebagai makanan khas perayaan kemerdekaan. Makanan ini terbuat dari daging dan kacang yang direbus lama.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.