Yuk Buat Kreasi Bakso Ini Saat Liburan Tiba
Yuk Buat Kreasi Bakso Ini Saat Liburan Tiba

Bakso adalah salah satu jajan favorit nusantara. Saat liburan ENDEUSiast bisa coba buat beberapa kreasi bakso berikut ini.

Kalau musim liburan tiba, memang paling seru mencoba eksperimen dapur dengan membuat bakso. Bakso adalah salah satu jenis makanan yang banyak sekali dimodifikasi untuk memenuhi selera konsumen. Dari varian bakso yang asli hingga bakso yang unik bisa ditemukan di Indonesia. Nah, kalau ENDEUSiast ingin bereksperimen membuat bakso, ENDEUSiast bisa membuat beberapa kreasi bakso unik berikut ini.

1/ Bakso Kotak

Umumnya bentuk bakso adalah bulat, namun bukan berarti bakso kotak tidak bisa dibuat lho. Bakso kotak ini adalah variasi bakso unik dan cukup mudah dibuat. ENDEUSiast tidak perlu cetakan khusus untuk membuat bakso kotak ini. Adonan bakso kotak ini sama dengan adonan bakso pada umumnya, hanya saja dicetak dengan menggunakan loyang, kemudian dikukus. Setelah matang, ENDEUSiast bisa mengiris bakso menjadi beberapa bagian kotak kecil yang unik.

2/ Bakso Isi

Bakso isi adalah salah satu variasi bakso yang paling populer. Banyak orang bereksperimen dengan isian unik untuk bakso seperti isi telur, keju, urat, hingga isian sambal atau cabai. ENDEUSiast juga bisa bereksperimen dengan isian bakso sesuai dengan selera. Beberapa orang bahkan membuat bakso dengan berbagai macam isian sehingga bulatan bakso menjadi besar dan kemudian disebut dengan bakso beranak.

3/ Bakso Sayur

Pilihan bakso sayur cocok kalau ENDEUSiast tetap ingin asupan sayur pada bakso. Variasi bakso sayur ini cukup beragam, ada yang menggunakan daging dan ada yang tidak. Kalau menggunakan daging, ENDEUSiast cukup mencampur beberapa sayuran sesuai selera seperti wortel parut, jamur kuping, dan sebagainya. Kalau tidak menggunakan daging ENDEUSiast cukup menggantinya dengan jamur untuk tekstur yang sama.

4/ Bakso Rambutan

Ingin varian bakso yang lebih unik lagi? ENDEUSiast bisa mencoba membuat bakso rambutan. Bakso ini sebenarnya adalah bakso yang digoreng, hanya saja sebelum digoreng, bakso digelindingkan ke dalam potongan kulit pangsit hingga berbentuk seperti rambut. Kemudian bakso digoreng hingga matang. Sensasi makan bakso rambutan ini cukup unik karena kulit pangsit yang kriuk dipadu dengan bakso yang kenyal. Dijamin bikin ENDEUSiast ketagihan.

5/ Bakso Bakar

Bakso bakar adalah salah satu variasi bakso yang wajib ENDEUSiast coba ketika liburan. Salah satu kunci kelezatan bakso bakar adalah saus yang digunakan. ENDEUSiast bisa menggunakan saus barbeque siap pakai atau meracik saus ala ENDEUSiast sendiri. Saus yang dibutuhkan hanya saus tomat, saus sambal, kecap manis, saus tiram, dan sedikit kecap asin. ENDEUSiast bisa memanggang bakso di atas wajan grill atau kalau mau lebih sedap bakar bakso di atas arang.

Endeustorial

Ikuti Instagram