Biasanya kita mengenal sajian rendang dengan bahan utama daging. Ternyata banyak varian rendang sayuran dan protein nabati yang tak kalah lezat!

Apa yang ENDEUSiast pikirkan ketika mendengar kata rendang? Pasti membayangkan masakan yang terbuat dari bahan olahan daging. Tetapi bagaimana yang tidak suka daging? Jangan khawatir karena kini ada varian rendang dari bahan sayuran dan protein nabati yang bisa ENDEUSiast coba sebagai pengganti daging.

Beberapa jenis rendang nabati bisa dijadikan sebagai teman makan nasi maupun sebagai camilan. Penasaran apa saja jenis varian rendang nabati? Berikut daftar lengkapnya.

1/ Rendang Daun Singkong

Siapa yang menyangka bahwa daun singkong bisa dijadikan sebagai bahan olahan rendang. Biasanya pada masakan padang, daung singkong dijadikan sebagai menu pelengkap dengan cara direbus. Tetapi, kini sudah ada kreasi terbaru dari singkong yang diolah menjadi rendang.

Untuk mengolahnya, pertama-tama singkong direbus terlebih dahulu hingga menjadi lunak. Setelah itu potong kecil-kecil dan campurkan dengan bumbu rendang yang sudah disiapkan. Masak hingga daun singkong benar-benar kering. Rendang daung singkong akan lebih nikmat bila dimakan bersama nasi.

2/ Rendang Ubi

Jika dilihat sekilas rendang yang satu ini terlihat seperti rendang telur yang dibentuk menjadi pipih persegi. Tetapi ini bukanlah rendang telur melainkan rendang ubi. Rendang nabati yang satu ini terbuat dari bahan utama ubi atau singkong. Untuk membuatnya, ENDEUSiast harus mengiris tipis ubi lalu digoreng hingga benar-benar kering.

Setelah ubi matang, barulah campurkan bersama dengan bumbu rendang. Memiliki tekstur yang renyah menjadikan rendang ubi cocok disantap untuk camilan sore hari sembari menonton tv. Ketika memakannya, ENDEUSiast akan merasakan sensasi pedas gurih dibalut dengan ciri khas rasa bumbu rendang.

3/ Rendang Daun Pakis

Bagi masyarakat Minang, daun pakis sering dijadikan bahan masakan. Nama lain dari daun ini adalah paku amak. Rendang daun pakis bukan lagi menjadi masakan asing di Padang. Jadi bila berkunjung kesana, ENDEUSiast akan dengan mudah menemukan rendang daun pakis.

Sekalipun hidangannya terkesan sederhana, tetapi dalam mengolahnya diperlukan kesabaran karena harus dimasak hingga bumbunya mengering dan benar-benar menyerap pada daun pakis. Selain itu, ada tambahan daging kerang dara juga yang membuat rendang daun pakis terasa lebih lezat dan gurih.

Itulah beberapa varian rendang yang terbuat dari bahan nabati. Bagi ENDEUSiast yang merupakan seorang vegetarian maka tidak perlu takut untuk makan rendang karena semua bahan diatas tidak menggunakan daging sama sekali. Bahkan semua bahan diatas pun mudah ENDEUSiast dapatkan baik di pasar tradisional maupun swalayan. Tertarik untuk mencicipinya? Selamat mencoba di rumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.