Hampir semua bagian ayam bisa diolah menjadi sajian, termasuk kulit. Berikut beberapa inspirasi olahan kulit ayam yang bisa ENDEUSiast coba di rumah.

Salah satu bagian ayam yang paling banyak diincar adalah kulit ayam. Biasanya orang akan memakan kulit ayam di bagian terakhir karena memang disitulah letak kelezatannya. Walaupun dimakan tanpa daging tetap saja kulit ayam memberikan kelezatan yang tidak kalah dari bagian ayam lainnya.

Bahkan kini kulit ayam diolah menjadi camilan baru yaitu kulit ayam krispi. Bila ENDEUSiast ingin berkreasi lagi dengan bahan olahan kulit ayam, mungkin beberapa jenis hidangan dibawah ini bisa memberi ide untuk membuat suatu hidangan baru.

1/ Sate Kulit Ayam

Sate tidak hanya menggunakan bahan daging ayam saja tetapi bagian kulitnya juga bisa ENDEUSiast buat menjadi sate kulit ayam. ENDEUSiast mungkin pernah melihat beberapa rumah makan yang menyediakan menu sate kulit ayam.

Bila ENDEUSiast tertarik untuk membuatnya sendiri dirumah maka siapkanlah bahan-bahan seperti kulit ayam, daun salam, jeruk dan bawang putih yang telah diiris. Tumis bawang putih hingga harum lalu masukkan daun salam dan daun jeruk beserta kulit ayam. Untuk memperkuat citra rasa sate tersebut, masukkan saus tiram, kecap manis, garam dan air. masak hingga matang dan air mulai surut. Atur kulit ayam ditusukkan lalu bakar layaknya membakar sate biasa.

2/ Bakwan Kulit

Suka makan gorengan bakwan? Biasanya isian bakwan menggunakan sayuran wortel dan jagung. Tetapi untuk bakwan yang satu ini beda yaitu dengan menggunakan kulit ayam. Proses pembuatannya pun sama seperti bakwan biasa hanya saja isiannya diganti menggunakan kulit yang telah dicincang kasar. Bila ingin mencobanya di rumah, ENDEUSiast bisa melihat resep bakwan kulit ayam .

3/ Kulit Ayam Sambal Geprek

Apapun makanannya akan terasa lengkap bila ada sambal, begitu juga untuk ayam. Sekarang ini banyak warung makan yang menyediakan menu ayam geprek. Tidak hanya dagingnya saja yang enak dimakan dengan sambal, bagian kulit ayam pun cocok dimakan dengan cara digeprek bersama dengan sambal.

4/ Kulit Ayam Balado

Bila hanya dicocol menggunakan sambal bawang masih kurang mantap, maka cobalah untuk membuat kulit ayam balado. Untuk membuatnya pun mudah, ENDEUSiast hanya perlu membuat kulit ayam krispi terlebih dahulu baru setelah itu membuat bumbu baladonya. Jika kedua bahan tersebut sudah siap maka ENDEUSiast tinggal mencampurkannya dan masak hingga matang. Kulit ayam balado pun siap dihidangkan bersama dengan sepiring nasi hangat.

Itulah beberapa menu dari bahan olahan kulit ayam yang bisa ENDEUSiast tiru di rumah. Kulit ayam yang tadinya biasa saja telah diubah menjadi hidangan spesial yang lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.