Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bumbu soto yang selama ini ENDEUSiast makan memiliki banyak varian loh. Setiap daerah memiliki ciri khas bumbu soto yang lezatnya tak terkalahkan.

Semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang namanya soto. Hidangan khas Indonesia terkenal dengan bumbu kuahnya yang lezat. Tidak heran bila banyak yang menyukainya. Biasanya soto terdiri dari nasi, telur, ayam suwiran, bihun dan tidak lupa kuahnya yang segar. Soto enak dimakan pada siang hari atau malam hari ketika cuacanya sedang dingin. Tahukah ENDEUSiast bahwa bumbu soto khas Indonesia memiliki aneka varian yang memiliki ciri khas sesuai dengan daerah asalnya. Penasaran? Berikut daftar soto yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia.

1/ Soto Betawi

Jakarta yang terkenal sebagai kota Metropolitan ini ternyata memiliki makanan khasnya yaitu soto betawi. Soto yang satu ini cukup legendaris di Kota Jakarta. Untuk isiannya, soto betawi menggunakan beberapa potong daging sapi yang ditambah dengan jeroan untuk menambah variasi pada hidangan tersebut. Dulunya, kuah soto betawi menggunakan santan namun seiring dengan perkembangan waktu tidak lagi menggunakan santan melainkan susu. Alasannya karena susu memiliki rasa yang gurih yang ringan serta baik untuk kesehatan. Soto betawi biasa disajikan dengan menu pelengkap lainnya seperti emping, acar, sambal dan jeruk nipis.

2/ Soto Lamongan

Soto yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur ini memiliki ciri khas yang tidak ada di soto daerah lainnya yaitu menggunakan remahan kerupuk udang atau biasa disebut dengan koya. Pelengkap soto yang satu ini memberikan rasa gurih, belum lagi ditambah kuah kaldu yang bikin lezat soto. Isian dari soto ini tetap sama yaitu menggunakan suwiran daging ayam serta ada tambahan sayuran brokoli. Sangat sehat kan? Bila ENDEUSiast tertarik untuk membuat soto lamongan, bisa melihat resepnya di sini .

3/  Soto Lenthok

Sama seperti soto umumnya, hidangan khas Yogyakarta ini menggunakan isian suwiran daging ayam dan kuahnya sendiri. Hanya saja terdapat ciri khas yang tidak ada di soto lainnya yaitu tambahan prekedel yang dibentuk menjadi bulat-bulat kecil lalu digoreng. Bahan utamanya menggunakan singkong bukan kentang.

4/ Soto Medan

Soto Medan memiliki ciri yang hampir sama dengan soto betawi. Hanya saja yang membedakan adalah kuahnya. Pada soto medan tidak menggunakan santan dan margarin sebagai bumbu kuah sotonya melainkan kapulaga dan beragam rempah-rempah sehingga menjadi kuah berwarna kuning yang kental.

Ciri khas dari masing-masing soto tersebut itulah yang membuatnya menjadi lezat dan dikenal oleh banyak orang. Dari ke 4 varian soto khas Indonesia, manakah yang menjadi favoritmu? Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.