Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Saat membakar daging perlu di ‘touch up’ dengan saus agar makin lezat. Apa saus barbeque daging favoritmu?

Salah satu pelengkap barbeque daging adalah saus. Saus barbeque ini menambah rasa lezat pada daging barbeque. Sama halnya seperti steak, barbeque daging juga mempunyai banyak varian saus. Saus yang digunakan tidak melulu saus barbeque saja namun bisa menggunakan beberapa saus yang lain. Berikut ini beberapa variasi saus yang bisa digunakan untuk barbeque daging.

1/ Saus Kecap

Saus kecap adalah salah satu variasi saus yang populer untuk barbeque. Biasanya saus ini ini digunakan untuk barbeque ikan, daging ayam, dan juga kambing. Rasa kecap yang manis akan membuat permukaan daging atau ikan menjadi krispi dengan sedikit aroma smoky. Membuat saus kecap juga sangat mudah, ENDEUSiast perlu mencampur kecap manis, kecap asin, saus tiram, dan bawang putih.

2/ Saus Tomat

Saus tomat atau saus sambal juga bisa menjadi salah satu alternatif saus barbeque yang lezat. Biasanya saus ini digunakan untuk barbeque sosis atau bakso. Rasanya yang manis asam dan tidak terlalu pedas membuat saus ini banyak disukai anak-anak. Agar lebih mudah, ENDEUSiast bisa menggunakan saus tomat atau sambal botolan yang banyak dijual di pasaran.

3/ Sambal

Bagi penggemar pedas, barbeque daging kurang lengkap tanpa tambahan sambal. ENDEUSiast bisa menambahkan sambal asli nusantara seperti sambal matah atau sambal dabu-dabu sebagai pendamping barbeque daging. Selain itu, ENDEUSiast juga bisa menggunakan sambal bawang untuk daging ayam seperti sate taichan.

4/ Saus Barbeque

Saus barbeque memang menjadi salah satu jenis saus yang paling cocok digunakan untuk masakan panggang. Saus ini mempunyai kombinasi rasa gurih, manis, sedikit pedas, dan juga aroma barbeque yang khas. Saus barbeque bisa dibuat sendiri dengan campuran beberapa saus atau juga bisa dibeli langsung dalam kemasan botol.

5/ Saus Madu

Selain saus tomat yang rasanya asam, saus dengan rasa manis juga menjadi salah satu favorit saus untuk barbeque. ENDEUSiast bisa menggunakan saus madu dengan rasa yang manis dan legit untuk olesan daging panggang. Agar rasa manis tidak terlalu pekat, madu harus dicampur dengan bahan-bahan lain seperti kecap asin agar ada rasa gurih. Saus ini cocok dipadukan dengan ayam panggang ataupun dengan seafood.

6/ Saus Asam Manis

Saus asam manis juga menjadi salah satu saus yang populer untuk barbeque. Saus asam manis adalah perpaduan antara kecap atau madu dan saus tomat. Rasa manis dan asam pada saus ini seimbang sehingga tidak saling mendominasi satu sama lain. Selain itu, saus asam manis berwarna merah dan membuat barbeque daging menjadi semakin menarik. Saus asam manis ini bisanya cocok untuk hidangan seafood panggang seperti udang, ikan, cumi, dan sebagainya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.