Udah Tau Mengolah Jeroan yang Baik? Yuk Simak Caranya
Udah Tau Mengolah Jeroan yang Baik? Yuk Simak Caranya

Jeroan merupakan salah satu makanan yang cukup banyak disukai. Tapi ada cara khusus untuk mengolahnya.

Jeroan adalah salah satu makanan yang banyak digemari, entah itu jeroan dari ayam, sapi, atau kambing. Berbeda dengan dagingnya, jeroan hewan ini termasuk bagian yang tricky ketika dimasak.

Bila proses memasak kurang tepat, jeroan akan berbau amis dan pastinya nggak enak ketika dimakan. Jeroan hanya lezat dimakan ketika nggak ada bau amis dan teksturnya nggak berpasir. Banyak orang yang nggak mau mengolah jeroan karena dianggap proses pengolahannya rumit.

Jeroan memang mempunyai aroma dan tekstur yang berbeda dengan daging. Kita bisa melakukan cara mengolah jeroan berikut ini sehingga jeroan bersih dan tidak berbau.

1. Cuci hingga benar-benar bersih

Langkah yang paling utama ketika mengolah jeroan dimulai dari proses membersihkan. Proses ini menentukan jeroan menjadi amis dan teksturnya bagus. Sebisa mungkin cuci jeroan dengan air mengalir serta buang semua kotoran yang menempel pada jeroan. Gunakan pisau bila perlu untuk menghilangkan kotoran pada jeroan. Kita juga bisa mencuci jeroan dengan air garam untuk menghilangkan kotoran dan lendir pada jeroan.

2. Rendam dalam air kapur sirih

Seringkali jeroan masih berbau amis menyengat meski sudah dicuci hingga benar-benar bersih. Bau amis ini nggak akan hilang begitu aja meski jeroan sudah dimasak. Untuk menghilangkan bau amis pada jeroan yang menyengat, kita bisa merendam jeroan dengan air kapur sirih selama 30 menit. Setelah itu cuci kembali jeroan dan siap dimasak.

3. Rebus dengan air mendidih

Sebelum mengolah jeroan dengan bumbu dan rempah, sebaiknya kita merebusnya terlebih dahulu hingga matang. Hindari langsung memasak jeroan dalam keadaan mentah bersama bumbu-bumbu karena akan membuat aroma masakan menjadi amis.

Sebaiknya kita merebus jeroan dengan air mendidih hingga matang kemudian buang airnya. Selanjutnya olah jeroan dengan bumbu sesuai selera.

Agar aroma amis jeroan berkurang, kita bisa menambahkan rempah-rempah seperti daun bawang, bawang putih utuh, jahe geprek, dan sebagainya dalam air rebusan. Rempah-rempah ini membantu menyamarkan aroma jeroan yang amis dan membuatnya lebih lezat. Jangan lupa tambahkan garam pada air rebusan agar rasa jeroan nggak hambar.

4. Masak dengan aneka bumbu dan rempah

Setelah jeroan matang dan empuk, kita bisa membuang air rebusannya dan jeroan siap untuk diolah. Bila ingin jeroan dengan rasa yang sedap, kita bisa menggunakan bumbu dan rempah yang cukup banyak.

Bumbu dan rempah membantu menyamarkan aroma jeroan dan membuatnya terasa lebih sedap. Bila ingin menggunakan jeroan untuk masakan berkuah seperti soto dan gulai, gunakan air rebusan yang baru. Jangan pernah menggunakan air rebusan jeroan yang pertama tadi karena biasanya beraroma kurang sedap dan akan berpengaruh pada masakan yang kita buat.

Endeustorial

Ikuti Instagram