Dapur bersih harus selalu dijaga kerapian dan kebersihannya. Yuk, ikuti tips berikut ini untuk mengaturnya.

Dapur bersih adalah jenis dapur yang terletak berdekatan dengan ruang tamu atau ruang makan. Tak jarang, tamu diundang masuk ke dapur agar si pemilik rumah dapat tetap ngobrol dengan tamu atau bisa juga memasak bersama. Oleh karena itu, dapur bersih harus selalu terlihat rapi, menyenangkan, dan bersih. ENDEUSiast tentu juga harus memikirkan kenyamanan saat memasak di dapur bersih.

Desain minimalis aadalah pilihan yang tepat untuk dapur bersih. Desain ini memaksimalkan fungsi dapur tanpa mengesampingkan estetikanya. Mau tahu bagaimana cara mengatur dapur bersih minimalis untuk rumahmu? Cek deh beberapa tips dari Endeus.tv berikut ini!

1/ Desain dapur bersih berbentuk L

Dengan bentuk L, ENDEUSiast bisa bergerak dengan mudah saat sedang memasak. Pengaturan ini memungkinkan lebih dari satu orang untuk memasak. Kamu bisa mengajak tamu untuk memasak bersama. Cara menyusunnya sederhana sekali. Letakkan dua buah counter yang tersusun membentuk siku-siku di sudut ruangan.

2/ Menambahkan kitchen island

Dengan menambah kitchen island, ENDEUSiast bisa lebih banyak berinteraksi dengan tamu yang menunggu di kitchen island. Aktivitas memasakmu akan lebih menyenangkan karena kamu bisa mengobrol santai dengan anggota keluarga atau tamumu.

Kamu perlu mengatur jarak yang pas untuk menghindari adanya tabrakan dengan meja di kitchen island saat memasak. Letakkan kursi di satu sisi yang menhadap ke dapur agar tercipta space yang lebih lebar.

3/ Bagi menjadi 3 area

Dengan desain minimalis bentuk L dan kitchen island , kamu bisa membagi dapur menjadi tiga area. Pertama, area untuk clean-up station ; tempatkan sink dan tong sampah. Kedua, area cooking station. Di sini, kamu bisa meletakkan kompor, oven, microwave dan peralatan memasak.

Ketiga, manfaatkan kitchen island agar menjadi tempat jamuan makan. Kamu bisa menambahkan rak minuman dan botol agar terkesan seperti di bar.

4/ Kelompokkan peralatan dapur

Peralatan dapur perlu ENDEUSiast kelompokkan sesuai jenisnya. Panci, wajan, dan bumbu dapur bisa kamu letakkan dekat kompor untuk memudahkan proses memasak. Piring, gelas, sendok dan dapur bisa ENDEUSiast letakkan di bawah meja kitche island untuk memudahkan ENDEUSiast saat menyajikan makanan.

5/ Maksimalkan ruangan yang ada untuk menyimpan peralatan memasakmu

Kamu bisa menggunakan ruangan di bawah sink sebagai storage berbentuk U untuk agar fleksibel mengikuti pipa pembuangan untuk menyimpan peralatan mencuci seperti sabun dan lap. Kamu bisa membuat laci khusus tempat sampah sehingga sampahmu tidak terlihat dan menimbulkan bau tak sedap.

Kamu juga bisa menggunakan pull out swivel storage untuk mengisi ruangan mati di sudut siku. Storage ini akan keluar dengan optimal sehingga kamu tidak perlu merogoh barang.

Nah itu dia beberapa tips untuk mengatur dapur bersih minimalismu. Selain memasak di dapur, kamu juga bisa mengajak tamu untuk BBQ party di rumah. Ikuti 5 tips sukses BBQ Party di rumah dari Endeus.tv, ya. Selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.