Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Sambal goreng ati yang istimewa bisa buat sendiri di rumah loh sebagai sajian Lebaran.

Pada umumnya sajian menu Lebaran berbeda-beda, tidak lepas dari makanan santan dan pedas. Maka nggak heran bila selalu ada sambal goreng ati saat Lebaran tiba.

Hidangan yang satu ini banyak dipilih sebagai penyeimbang rasa gurih pada sajian yang bersantan. Semisal kamu menyajikan opor, maka sebagai pelengkapnya bisa dengan sambal goreng ati.

Namun, ternyata membuat sambal goreng ati nggak semudah yang dibayangkan. Bahkan ada yang menganggap lebih sulit membuat sambal goreng ati daripada opor. Apakah seperti itu? Untuk membuktikannya mari kita simak tips membuat sambal goreng ati di bawah ini, dijamin anti gagal!

1. Pilihlah hati sapi segar

Untuk membuat sambal goreng ati yang istimewa, pemilihan bahan utamanya juga harus teliti. Pilihlah hati sapi yang masih segar. Bagaimana cara mengetahui hati sapi segar? Cukup kenali cirinya yaitu berwarna merah gelap secara merata dan tidak begitu tercium bau amis darah.

Selain itu, kita juga bisa menyentuh permukaan hati sapi. Pastikan apakah ada gumpalan atau benjolan? Bila nggak ada maka dipastikan hati tersebut masih segar.

2. Mencuci ati agar nggak bau amis

Setiap bahan makanan yang baru dibeli dari pasar harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum diolah. Begitu juga untuk hati sapi ini. Pastinya di permukaan hati masih terdapat kotoran dan sisa darah yang menempel, maka perlu dicuci dengan menggunakan air mengalir. Namun, cuci sebentar saja agar hati tidak mudah hancur.

Setelah dicuci, kita masih harus merebusnya terlebih dahulu. Rebus hati sapi menggunakan api sedang lalu masukkan bahan seperti jahe, daun salam dan daun jeruk. Bahan-bahan tersebut digunakan untuk menghilangkan bau amis pada hati sapi. Tunggu hingga 10 menit atau hingga warna ati telah berubah menjadi merah muda. Setelah itu baru bisa langsung diolah menjadi sambal goreng ati.

3. Menyiapkan bumbu

Untuk membuat sambal goreng ati, kita perlu menyiapkan bumbunya. Mulai dari cabai merah besar yang sudah dibuang bijinya, bawang merah dan bawang putih, kemiri, gula merah dan garam.

Semua bahan tersebut kemudian dihaluskan dengan diulek maupun diblender. Tumis bumbu hingga matang dan aroma harumnya tercium.

4. Tambahkan Santan

Sajian menu lebaran tidak lepas dari penggunaan santan, begitu juga untuk sambal goreng ati ini. Santan dipilih untuk bisa memberikan citarasa gurih pada masakan. Nah, kamu bisa masukkan santan ke dalam tumisan yang sudah matang. Lalu masak hingga mendidih. Perlu diingat, masukkan santan sebelum hati sapi ya agar tidak terlalu lama dimasak. Bila hati sapi terlalu lama dimasak justru teksturnya akan berubah menjadi keras.

MAsih bingung bagaimana cara membuatnua? Intip aja resep sambal goreng ati sapi ini. Ciptakan kreasi masakan sendiri yang lezat untuk menu Lebaran nanti.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya