Capcay adalah salah satu menu unggulan di berbagai resto Chinese food. Berikut ini beberapa tips membuat capcay sederhana namun selezat restoran.

Capcay adalah salah satu masakan tumis yang sangat mudah dibuat. Masakan yang satu ini merupakan salah satu menu unggulan di banyak restoran Chinese food. Bahan utama capcay adalah berbagai jenis sayuran dan beberapa bahan pelengkap lain.

Meskipun membuat capcay mudah, namun mungkin ENDEUSiast merasa bila rasanya tidak bisa selezat capcay yang dijual di restoran. Faktanya, restoran Chinese food mempunyai beberapa rahasia dalam memasak capcay. Berikut ini beberapa tips membuat capcay yang sederhana namun rasanya selezat capcay di restoran.

1/ Gunakan 10 Macam Jenis Sayuran

Dalam bahasa Indonesia, capcay berarti 10 macam sayuran. Jadi, capcay sebenarnya adalah masakan dengan 10 macam sayuran. Bila ingin capcay yang lezat seperti restoran, usahakan untuk memakai 10 jenis sayuran tapi tidak termasuk bawang putih. Misalnya bawang Bombay, wortel, jagung muda, kembang kol, daun bawang, sawi, kubis, dan sebagainya.

Sedangkan bawang putih termasuk dalam kategori bumbu dan harus digunakan dalam jumlah yang banyak. Gunakan banyak bawang putih agar capcay harum dan sedap.

2/ Gunakan Kecap Ikan dan Minyak Wijen

Bila ingin membuat capcay yang sedap seperti di restoran, ENDEUSiast bisa mengganti garam dan kecap asin dengan kecap ikan. Kecap ikan memang bukanlah bumbu yang lazim digunakan dalam kuliner Indonesia. Namun untuk Chinese food, kecap ikan ini memberikan aroma yang sedap dan rasa yang lezat.

Kecap ikan ini mempunyai ciri aroma ikan yang menyengat dan rasa yang asin. Selain kecap ikan, capcay juga akan semakin sedap dengan minyak wijen. Gunakan minyak wijen ketika capcay hendak dihidangkan agar aromanya tetap terjaga.

3/ Masak dengan Api Besar

Salah satu faktor yang membuat capcay restoran terasa sedap adalah pemasakan menggunakan api besar. Aroma asap dan sedikit gosong akibat menggunakan api besar akan membuat capcay semakin sedap. Selain itu, memasak capcay dengan api besar juga akan membuat sayuran matang namun teksturnya tetap renyah.

4/ Urutkan Sayuran

Kunci kelezatan capcay adalah dari sayuran yang matang merata. Karena capcay menggunakan berbagai jenis sayuran dengan tekstur yang berbeda. Agar sayuran bisa matang merata, ENDEUSiast bisa mengurutkan pemasakan capcay yaitu sayuran dengan tekstur keras dimasak terlebih dahulu kemudian sayuran yang mudah lembek.

5/ Langsung Sajikan Capcay

Setelah capcay matang, segera sajikan selagi hangat. Capcay adalah salah satu masakan yang harus langsung disantap ketika hangat. Bila sudah dingin, sayuran akan mulai mengeluarkan air dan membuat capcay berubah rasa.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.