Tips Membuat Bawang Goreng yang Renyah
Tips Membuat Bawang Goreng yang Renyah

Membuat bawang goreng ternyata nggak begitu susah, asal tau caranya yang tepat.

Bawang goreng adalah salah satu bahan pelengkap yang sering ditambahkan sebagai toping sebelum makanan disajikan. Entah mengapa, makanan yang ditambahkan dengan bawang goreng akan mempunyai aroma dan rasa yang lebih sedap.

Tekstur bawang goreng yang renyah dan rasanya yang gurih memberikan tambahan rasa untuk berbagai makanan. Ada banyak jenis makanan yang biasa ditambahkan dengan bawang goreng seperti soto , opor, bakso, mie ayam, dan sebagainya. Walaupun bagi penyuka bawang goreng, makan apapun bisa juga mereka taburkan di atasnya.

Meskipun terkesan hanya bawang merah yang digoreng namun membuat bawang goreng ini nggak semudah yang dibayangkan loh. Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat bawang goreng menjadi renyah dan gurih.

1. Pilih bawang merah berukuran besar

Pemilihan bawang merah mempunyai peran yang sangat penting untuk hasil akhir bawang goreng yang bagus. Sebaiknya pilih bawang merah yang berukuran besar atau sedang dan masih dalam keadaan segar. Selain itu, pastikan memilih bawang merah yang kering agar hasil bawang goreng bisa bagus.

2. Iris dengan tipis

Mengiris bawang merah memang menjadi tantangan khusus. Selain karena bisa menyebabkan mata yang perih, namun irisan bawang merah harus pas, nggak boleh terlalu tebal atau terlalu tipis.

Selain itu, bawang merah juga harus diiris dengan ketebalan yang sama agar hasilnya bisa bagus. Kita bisa menggunakan slicer atau alat pengiris bawang supaya proses ini menjadi lebih mudah.

3. Rendam dengan air garam

Sebelum digoreng, bawang merah harus direndam dengan air garam. Merendam bawang dengan air garam akan membuat hasil bawang goreng menjadi lebih renyah dan gurih. Kita bisa merendam bawang dengan air garam setelah diiris ataupun dalam keadaan utuh sebelum diiris. Bila bawang direndam setelah diiris, biasanya aromanya cenderung pudar.

4. Tambahkan tepung maizena

Agar bawang goreng semakin renyah, kita bisa menambahkan tepung maizena. Penambahan maizena ini juga jangan terlalu banyak, hanya satu sendok makan tepung maizena untuk satu kilo bawang merah. Setelah dicampur rata, diamkan bawang merah selama beberapa saat.

5. Tiriskan bawang

Sebelum digoreng, bawang merah harus ditiriskan terlebih dahulu. Kita bisa mendiamkan bawang merah selama satu hingga dua jam agar air dari proses pencucian bisa berkurang. Dengan cara ini bawang goreng bisa menjadi lebih renyah.

6. Goreng hingga keemasan

Pada saat menggoreng bawang sebaiknya menggunakan minyak yang cukup banyak. Jangan menggoreng bawang goreng dalam jumlah banyak sekaligus agar hasilnya bisa bagus. Selain itu, gunakan api kecil untuk menggoreng agar bawang nggak cepat gosong.

Goreng bawang hingga berwarna keemasan karena proses pemasakan akan tetap berlangsung meski bawang sudah diangkat dari wajan. Setelah matang, tiriskan bawang goreng hingga minyaknya hilang dan bawang goreng dingin sebelum disimpan dalam wadah kedap udara.

Endeustorial

Ikuti Instagram