Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bakmi rebus yang dijual di restoran memang terasa enak. Tetapi ternyata kita juga bisa membuatnya sendiri dirumah

Banyak yang berpendapat bahwa makanan seperti bakmi rebus yang dijual di restoran memiliki rasa yang enak. Hal itu mungkin dikarenakan menggunakan bahan yang berbeda dengan yang ada di pasaran. Tetapi tidak ada salahnya bila kita mencoba membuatnya sendiri dirumah daripada harus membeli di restoran dan tentunya harganya jauh lebih mahal bila dibanding kita membeli bahan lalu memasak dirumah. Apalagi bila ENDEUSiast memiliki budget yang pas-pasan sebaiknya hindari makan diluar. Lalu bagaimana cara membuat bakmi rebus serasa restoran? Inilah tips yang bisa ENDEUSiast ikuti.

1/ Pastikan Air Telah Mendidih

Hal pertama yang harus ENDEUSiast perhatikan adalah air yang digunakan untuk merebus harus benar-benar mendidih terlebih dahulu. ENDEUSiast bisa menggunakan takaran air sekitar sepertiga dari panci atau sekitar 300 hingga 400 ml untuk merebus mienya. Jika kesulitan untuk mengukurnya, gunakanlah gelas berukuran sedang dan masukkan sekitar 2 hingga 3 gelas.

2/ Menyiapkan Bumbu Bakmi

Hal selanjutnya yang harus ENDEUSiast siapkan adalah bumbu dari bakmi rebus. Sembari menunggu air mendidih, ENDEUSiast bisa mulai menyiapkan bumbu bakmi. Bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah bumbu penyedap dan irisan cabai rawit bila ENDEUSiast ingin bakmi rebus yang pedas. Letakkan semua bumbu di piring tetapi jangan diaduk dulu. Tunggu mienya matang baru ENDEUSiast bisa mengaduk bumbu dengan mienya. Cara lainnya adalah dengan menumis semua bahannya lalu campurkan bersama mie yang telah direbus tadi. Kedua cara tersebut bisa ENDEUSiast pilih sesuai dengan selera. Cicipi juga rasanya agar ENDEUSiast bisa mengetahui apakah sudah pas atau belum rasanya.

3/ Masak Semua Bahan yang Penting

Rasanya kurang lengkap bila bakmi rebus tidak ada telurnya. Bila ENDEUSiast ingin menggunakan telur maka bisa dimasukkan pada saat proses perebusan mie. Tetapi ENDEUSiast harus memperhatikan tahapannya. Jadi masukkan telurnya terlebih dahulu. Biarkan hingga mulai matang lalu ENDEUSiast baru bisa masukkan mienya. Aduk sesekali agar mie cepat matang. Perlu diingat, jangan terlalu sering diaduk karena takutnya telur akan hancur. Jadi pada saat mengaduk jangan terlalu kencang. Jangan sampai kuning pada telurnya pecah. Itu dapat menimbulkan bau amis pada mie.

Tips terakhir yang perlu ENDEUSiast perhatikan adalah jangan menggunakan air rebusan tadi sebagai kuahnya. Gunakanlah air panas yang baru untuk kuahnya. Agar rasa bumbu pada bakmi kuah terasa maka gunakan air sedikit saja jangan sampai bakmi terendam kuah. Untu kreasi mie kuah lainnya bisa dilihat di sini .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.