Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Siapa yang belum coba membuat daglona coffee di rumah? Nggak punya mixer tetap bisa membuatnya loh. Berikut tipsnya meski tanpa mixer.

Olahan yang terbuat dari bahan dasar kopi dan susu yang sedang viral ini berasal dari Korea Selatan. Jenis minuman kopi yang satu ini mulai terkenal pada saat diberlakukannya physical distancing . Kegiatan ini cukup menyenangkan untuk mengisi waktu luang selama di rumah aja. Buat yang belum tau, dalgona coffee ini berawal dari permen hingga menjadi viral .

Untuk bisa menghasilkan dalgona coffee yang lezat dengan tekstur cream foam yang lembut, akan lebih mudah menggunakan mixer . Namun apa jadinya bila tidak ada mixer di rumah? Jangan khawatir, kita masih bisa membuatnya dengan mengikuti tips di bawah ini.

Gunakan whisk

Untuk membuat minuman kopi yang sedang ramai dibicarakan ini, kita bisa memanfaatkan beberapa peralatan dapur yang ada, salah satunya adalah whisk . Bagi yang belum tau, whisk merupakan alat kocok yang biasa digunakan untuk membuat kue. Alat yang satu ini bisa dijadikan alternatif bila tidak memiliki mixer .

Selain itu beberapa bahan lainnya yang harus kita persiapkan antara lain adalah kopi hitam instan (usahakan untuk menggunakan kopi murni tanpa ampas dan tidak ada kandungan gula), air panas dan gula pasir. Jika sudah siap maka selanjutnya adalah mencampurkan semua bahan dengan takaran yang pas. kita pun sudah bisa mulai untuk mengaduk.

Aduk semua bahan tersebut dengan menggunakan whisk hingga bentuknya menjadi mengental. Bisa sesekali mengangkat kocokannya agar udara masuk. Terus aduk bahannya agar teksturnya berubah menjadi kental layaknya busa.

Untuk mengaduk menggunakan whisk memang membutuhkan waktu yang lama serta tenaga ekstra sehingga dapat membuat tangan lelah. Bahkan ada beberapa yang mengatakan bahwa untuk mengaduk kopi ini harus dilakukan sebanyak 400 - 500 kali agar hasilnya maksimal.

Gunakan saringan

Jika kita tidak punya whisk, maka alternatif lainnya bisa menggunakan saringan. Saringan yang digunakan untuk mengaduk kopi adalah yang berbentuk bulat kecil. Banyak yang berhasil menggunakan alat dapur yang satu ini.

Untuk bahan pembuatannya tetap sama dan kita tinggal mencampurkannya semua. Perlu diperhatikan bahwa bila kita ingin mengaduk kopi dengan saringan maka pilihlah piring atau mangkuk. Untuk memastikan adukan dari saringan tersebut bisa merata dan sampai hingga di dasar piring. Jika menggunakan gelas tentu akan sulit karena diameter gelas yang kecil.

Aduklah semua bahan tersebut hingga teksturnya menjadi kental. Proses pengadukannya pun tidak terlalu lama. kita hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit untuk bisa membuat kopi berbuih. Lebih cepat bila dibandingkan menggunakan whisk kan?

Namun ada juga yang lebih dari satu menit untuk bisa mengubah konsistensi kopi menjadi foam atau whipped cream . Ini juga tergantung cara kita dalam mengaduknya. Pastikan untuk terus mengaduknya tanpa jeda agar hasil foam -nya bisa maksimal.

Jika busa kopi sudah jadi maka kita tinggal menuangkannya ke dalam gelas yang telah berisi es batu dan susu. Dalgona Coffee pun siap disajikan.

kita juga bisa mencoba beberapa resep minuman kopi lainnya seperti Coconut Coffee Frappuccino . Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya