Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Bagaimana dalgona coffee diciptakan? Apa itu dalgona? Serta bagaimana cara membuatnya? Semua bisa dilihat di artikel ini.

Di masa karantina mandiri atau dengan kata lain #dirumahaja seperti sekarang ini membuat kita merasa bosan. Media sosial adalah hiburan yang paling banyak digunakan untuk mengurangi rasa bosan tersebut. Ada satu yang menarik dan menjadi banyak diperbincangkan, adalah dalgona coffee yang menjadi viral di media sosial.

Kopi yang satu ini banyak banget dibicarakan, dalgona coffee pasti ada di feed, story, atau di menu explore dalam akun Instagram kita. Tapi tau nggak kalo minuman kopi yang satu ini memiliki sejarah yang unik? Ternyata awalnya dalgona adalah sebuah jajanan semacam permen yang dijual di jalan-jalan di Korea.

Dalgona candy. Sumber: fictionkitchenpodcast
Dalgona candy. Sumber: fictionkitchenpodcast

Terbuat dari karamel berwarna cokelat, dikenal juga dengan nama ppopgi yang udah terkenal di Korea Selatan sejak tahun 1970an. Bahan dasar permen ini adalah gula yang dibuat menjadi karamel, kemudian diletakkan batang lidi di atasnya sehingga menjadi seperti lolipop tapi ini pipih. Lalu di tengahnya diukir dengan berbagai macam bentuk.

Kini dalgona dikenal kembali dalam bentuk kopi susu. Dikatakan juga bahwa minuman dengan busa kopi dengan susu di bawahnya ini sebenarnya berasal dari India. Di Negara Bollywood tersebut minuman kopi ini dikenal dengan nama pheti hui atau beaten coffee atau whipped coffee. Ada juga yang menyebutnya dengan nama cappuccino India.

Disebut demikian karena kopi hitam dibuat menjadi foam, kemudian dituangkan ke dalam gelas berisi susu dan es batu. Nggak lupa juga olahan kopi dicampur dengan gula agar rasa manisnya bisa mengimbangi pahit dari kopi.

Kenapa dalgona coffee dikaitkan dengan Korea Selatan? Karena untuk mengusir rasa bosan saat physical distancing, anak muda di sana membuat sesuatu yang baru. Jadilah kopi viral yang satu ini.

Cara buatnya yang nggak sulit dan bahannya nggak ribet, jadilah semua orang bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Nggak lupa juga sebelum dinikmati, difoto dulu yang kemudian dibagikan di media sosial hingga banyak menarik perhatian orang.

Karena perbedaan bentuk antara kopi (busa) dan susunya (cair) yang sangat mencolok, ditambah lagi warna antar keduanya yang “bertabrakkan”, membuatnya jadi cantik ketika difoto. Belum lagi aksen es batu yang membuatnya semakin menggugah selera.

Seperti apa sih cara membuatnya? Endeus udah pernah memostingnya di Instagram, kalian bisa lihat di bawah ini.

Tantangan dalam membuat minuman ini adalah ketika membuat campuran kopi, gula, dan air menjadi foam atau busa. Karena harus diaduk hingga 400 sampai 500 kali hingga berubah menjadi busa. Gampangnya dengan menggunakan mixer agar tangan nggak pegal.

Tip penting ketika membuat ini adalah gunakanlah kopi bubuk yang nggak memiliki ampas. Agar rasa bentuk dan teksturnya mulus dan lembut.

Selamat mencoba untuk mengusir kebosanan ketika #dirumahaja.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya