Banyak orang penasaran dengan cara memasak pancake seperti di café. Berikut ini beberapa tips sukses membuat pancake yang mengembang dan empuk.

Tidak banyak orang yang tahu cara memasak pancake ala café. Pancake memang salah satu makanan yang gampang-gampang susah dibuat. Kesalahan sedikit dalam pembuatannya bisa menyebabkan pancake keras dan tidak mengembang. Meskipun begitu, pancake termasuk salah satu makanan yang mudah dibuat dibanding dengan jenis kue-kue yang lain. Berikut ini beberapa tips sukses dan cara memasak pance ala café yang empuk dan mengembang.

1/ Baking powder bagus dan berkualitas

Dalam pembuatan pancake, baking powder adalah salah satu bahan utama yang harus digunakan. Baking powder dalam pancake berfungsi sebagai pengembang dan membuat pancake lembut dan fluffy . Usahakan untuk menggunakan baking powder dengan kualitas bagus, fresh, dan belum melewati tanggal kadaluarsa. Bila baking powder sudah tidak bagus akan memengaruhi kualitas pancake dan membuatnya keras.

2/ Pisahkan Bahan Basah dan Kering

Membuat pancake sebenarnya sangat mudah. ENDEUSiast bahkan tidak perlu menggunakan mikser dan bisa menggunakan balloon whisk saja. Namun cara memasaknya juga berbeda dengan kue-kue lain. Untuk pancake ENDEUSiast perlu memisahkan adonan basah dan adonan kering. Hal ini bertujuan agar gluten dalam tepung tidak semakin kuat sehingga bisa membuat pancake menjadi keras.

Bahan basah untuk pancake adalah telur, mentega cair, dan susu, sedangkan bahan kering adalah tepung terigu, garam, baking powder, dan gula. Campur dua bahan ini secara terpisah dan aduk hingga merata kemudian campurkan menjadi satu.

3/ Aduk Adonan dengan Benar

Pancake sebenarnya makanan yang sangat mudah dibuat karena bisa diolah tanpa mikser dan prosesnya juga sangat mudah. Setelah bahan kering dan bahan basah dicampur menjadi satu, aduk adonan pancake dengan menggunakan balloon whisk atau spatula hingga asal rata saja. Hindari terlalu lama mengaduk adonan karena bisa menyebabkan pancake menjadi kenyal dan keras. Bila ada tepung yang menggumpal biarkan saja karena nanti akan hilang sendiri.

4/ Gunakan Sendok Sayur Sebagai ukuran

Agar ukuran dan ketebalan pancake bisa sama rata, ENDEUSiast bisa menggunakan sendok sayur untuk menuang adonan pancake di wajan. Tuang adonan pancake satu sendok sayur pada permukaan wajan datar yang sudah dipanaskan. Tunggu hingga permukaan pancake berlubang kemdian balik. Hindari menekan pancake ketika dimasak karena akan membuat pancake keras.

5/ Gunakan Wajan Datar

Agar hasil pancake bisa mulus, ENDEUSiast bisa menggunakan wajan datar yang anti lengket. Sehingga ENDEUSiast tidak perlu menggunakan minyak atau margarin ketika memasak pancake. Penggunaan minyak atau margarin menyebabkan permukaan pancake tidak mulus dan kurang cantik.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.