Cegah kontaminas dalam kulkas jadi salah satu syarat agar makanan selalu segar dan awet. Ikuti kiat berikut.

Pernahkah mendengar istilah kontaminasi? Kontaminasi sendiri adalah proses perpindahan bakteri dari makanan mentah ke makanan siap santap. Wah, bagaimana hal ini bisa terjadi? Salah satu cara mencegah terjadinya kontaminasi silang adalah dengan menggunakan satu talenan yang sama untuk memproses makanan.

Selain itu, salah satu cara untuk mencegah terjadinya kontaminasi salah satu caranya adalah dengan memperhatikan proses penyimpanan makanan yang ada di dalam kulkas. Lalu, bagaimana cara menyimpan makanan yang benar di dalam kulkas?

1/ Ikan dan Daging

Ikan dan daging harus disatukan di dalam wadah tertutup atau kedap udara. Daging atau ikan yang tak ditutup rapat hanya akan membuat kulkas berbau tak sedap dan juga dapat meningkatkan resiko terjadinya kontaminasi makanan di dalam kulkas. Jika memang tak memiliki wadah yang kedap udara, maka gunakan dua piring yang dibalut plastic wrap.

2/ Sayuran dan Buah-Buahan

Buah dan sayuran harus disimpan secara terpisah menurut jenisnya. Hindari menyimpan mereka secara bersamaan. Misalnya apel bersama bayam, atau bawang dengan stroberi. Sayuran dan buah harus dicuci bersih sebelum akhirnya disimpan dalam rak khusus.

3/ Produk Susu

Produk susu adalah produk yang paling mudah mengalami kerusakan jika tidak mendapat penanganan yang tepat. Jika produk susu ini mengalami kerusakan , maka otomatis kontaminasi nya juga akan meningkat. Simpan susu dan produk olahannya di dalam kemasannya, bila terbuka ganti dengan wadah kedap udara atau botol. Jauhkan produk susu dan olahannya dari makanan yang berbau tajam, seperti bawang dan durian.

4/ Telur

Salah satu cara untuk membuat telur memiliki masa simpan yang panjang adalah dengan menyimpannya di dalam kulkas. Cuci bersih telur dan lap menggunakan lap bersih. Setelah itu, simpan telur pada rak yang telah disediakan barulah ENDEUSiast bisa mengolahnya menjadi Sate Telur Gulung , dan Rendang Telur

5/ Makanan Sisa

Sering ada makanan sisa semalam yang tak habis? Boleh saja menyimpannya di kulkas, namun usahakan menyimpannya didalam wadan tertutup atau menggunakan plastik wrap sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Hindari meletakkan makanan sisa ini disebelah bahan mentah karena beresiko menyebabkan terjadinya kontaminasi silang.

Jika ENDEUSiast ingin menyimpan makanan kaleng, seperti ikan sarden, ikan, atau kornet jangan menyimpannya lebih dari sehari. Karena itulah, sebaiknya segera habiskan dan olah segera setelah dibuka. Jika memang masih ada sisa, segera pindahkan ke wadah dan tutup rapat.

Itulah beberapa trik untuk menyimpan produk pangan di dalam kulkas agar terhindar dari kontaminasi silang. Selain menyimpan dengan cara yang benar, jangan lupa untuk membersihkan kulkas minimal 2 minggu sekali. Selain itu hindari menyimpan makanan hingga kulkas terlalu penuh untuk menjaga sirkulasi udara.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.