Talenan merupakan alat memasak di dapur yang wajib dijaga kebersihannya. Talenan yang bersih akan menghasilkan makanan yang sehat pula.

Talenan merupakan alat masak yang wajib ada di setiap dapur. ENDEUSiast mungkin menganggap alat ini sederhana karena hanya terbuat dari kayu atau plastik. Namun, alat ini sangat berguna untuk melancarkan kegiatan masak ENDEUSiast. Terkadang kita juga tidak begitu memperhatikan kebersihan pada talenan. Padahal pada talenan bisa saja menyimpan banyak bakteri dan kuman sisa dari potongan bahan masakan. bila tidak dirawat dan dibersihkan dengan benar maka bisa menjadi sarang penyakit. Nah, untuk menjaga agar talenan tetap terjaga kebersihannya mari kita ikuti tips sederhana yang bisa ENDEUSiast terapkan di rumah.

1/ Mencuci Dengan Benar

Setelah selesai digunakan, sebaiknya talenan harus segera dicuci. Untuk mencucinya pun ada tips yang harus ENDEUSiast perhatikan seperti jangan merendam talenan kayu ke dalam air terlalu lama atau bahkan ke dalam mesin khusus pencuci piring. Bila direndam terlalu lama di air justru akan merusak bentuk dan struktur pada talenan kayu. Untuk mencucinya disarankan menggunakan air hangat lalu gosok menggunakan sabun dan sabut halus cuci piring. Setelah itu keringkan segera agar talenan ENDEUSiast tidak berjamur.

2/ Menghilangkan Bau

Bila ENDEUSiast memotong bahan yang memiliki aroma amis atau bau yang menyengat seperti ketika memasak kambing panggang , biasanya akan meninggalkan bekas bau yang susah hilang. Untuk menghilangkan bau pada talenan ENDEUSiast bisa menggunakan jeruk nipis dan garam lalu oleskan kedua bahan tersebut secara bersamaan pada talenan. Diamkan selama 2 menit kemudian bilas. Untuk mengeringkan talenan yang tepat, ENDEUSiast bisa menggantungkannya di dinding dengan posisi vertikal. Ketika talenan mulai kering, bau dagingnya pun akan hilang.

3/ Hindari Tempat Lembab

Khusus ENDEUSiast yang memiliki talenan kayu, jauhkanlah dari tempat yang lembab. Suhu yang lembab bisa membuat talenan kayu berjamur sehingga tidak bisa terpakai. Jadi setelah dicuci, sebaiknya langsung dikeringkan menggunakan lap kering atau dibiarkan saja hingga kering dengan sendirinya. Tetapi, letakkan di tempat yang terkena sinar matahari agar talenan kayu ENDEUSiast cepat kering. Untuk menghindari munculnya jamur, ENDEUSiast juga bisa menyimpan talenan kayu ke dalam plastik yang dibungkus rapat. Hal ini bisa ENDEUSiast terapkan bila talenan kayu tidak terpakai untuk jangka waktu yang lama.

Kebersihan pada alat masakan akan berpengaruh pada kebersihan makanannya juga. Jadi, pastikan untuk selalu menjaga selalu semua alat masakan terutama talenan agar tetap bersih dan higienis serta terhindar dari segala macam penyakit. Semoga tips tentang merawat talenan agar selalu bersih ini bisa bermanfaat bagi ENDEUSiast. Selamat mencobanya di rumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.